Auto Height Logo

Fakta Mencengangkan Mengenai Program KB di Indonesia, Sudah Tahu?

“ Dua anak lebih baik " merupakan moto dari program keluarga berencana (KB) yang sampai kini mungkin sangat familiar untuk para kelua...

Dua anak lebih baik" merupakan moto dari program keluarga berencana (KB) yang sampai kini mungkin sangat familiar untuk para keluarga. Program KB sendiri merupakan program skala nasional untuk menekan angka kelahiran dan mengendalikan pertambahan jumlah penduduk di suatu negara. Dilansir dari laman liputan.com, program KB sudah ada di Indonesia sejak akhir tahun 1970an.

Selain untuk menekan angka kelahiran, program KB juga dibuat untuk menciptakan kemajuan, kestabilan dan kesejahteraan ekonomi keluarga. Mengenai KB, ini sudah di atur dalam UU No 10 tahun 1992 dan diawasi oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN). Kira-kira fakta apa saja yang ada dibalik porgram KB di Indonesia? Yuk, kita simak ulasannya di bawah ini!

Penggunaannya Telah Meningkat Dalam Tiga Tahun Terakhir

Dilansir dari laman Tribun, Direktur Bina Kepesertaan Keluarga Berencana Jalur Swasta Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), drg Widwiono MKes, menyatakan bahwa hingga saat ini penggunaan alat kontrasepsi jangka panjang di Indonesia masih memprihatinkan. Dia mengaku pihaknya sudah terus mendorong masyarakat beralih ke kontrasepsi jangka panjang, namun belum berhasil.

Menurut Widwiono, grafik penggunaan KB suntik terus naik dalam tiga tahun terakhir. Karenanya, dalam rangka menaikkan pengguna MKJP, BKKBN membuat program satu kabupaten satu ahli kandungan kebidanan yang bisa melayani tubektomi, dan satu dokter umum yang dapat melayani vasektomi, yang mulai dicanangkan tahun depan.

Angka Pengguna Masih Terbilang Belum Tinggi

Seperti diketahui, pemerintah mencanangkan gerakan keluarga berencana pada akhir 1970an dengan tujuan meningkatkan jumlah penduduk untuk menggunakan alat kontrasepsi dan menurunkan jumlah angka kelahiran bayi. Jumlah anak dalam sebuah keluarga yang dianggap ideal adalah dua.

Meski telah dijalankan selama sekitar 30 tahun, nilai-nilai keluarga kecil sejahtera tampaknya tidak hidup, terbukti dengan fertilitas penduduk Indonesia yang berada pada tingkat 2,6 per ibu, tergolong relatif tinggi. Sebaliknya, angka pengguna kontrasepsi masih sekitar 57% dengan dominasi penggunaan KB jangka pendek, dan fertilitas remaja dengan usia berkisar 15-19 tahun masih tinggi, yaitu 48 kelahiran per 1.000 wanita.

Alasan Utama Wanita Enggan Menggunakan KB

Pertama, masih banyaknya orang yang enggan memakai alat kontrasepsi karena larangan agama. Kedua, adanya keyakinan bahwa penggunaan alat kontrasepsi seperti kondom dianggap melegalkan perzinaan dan seks bebas. Ada pula potensi hambatan dari Rancangan Revisi KUHP yang sedang dibahas DPR: larangan mempertunjukkan alat kontrasepsi yang berpotensi mempidanakan banyak pihak.

Ada juga karena faktor kecantikan. Pemakaian KB diyakini menambah berat badan, membuat wajah jadi mudah berminyak, rambut jadi rontok dan tipis, dan sebagainya. Padahal hal-hal seperti itu harusnya tidak perlu menjadi masalah besar, karena sudah ada solusinya kalaupun benar terjadi. Contoh mudahnya, jika memang rambut jadi tipis, kita bisa menggunakan penebal rambut instan dari fiber yang aman dan banyak dijual di pasaran.

Ada Yang Namanya KB Darurat

Apa itu KB darurat? Sebagian dari kita mungkin tidak pernah mendengarnya.

KB darurat merupakan obat pencegah kehamilan untuk kasus kehamilan yang tidak diinginkan, seperti pemerkosaan atau kehamilan dengan kondisi medis tertentu yang membahayakan. Salah satu merek yang dijual resmi di pasaran adalah KB darurat merek Postinor 2 yang diproduksi oleh perusahaan farmasi Gedeon Richter.

Konsultasikan kepada tenaga medis atau dokter untuk pemakaian KB darurat ini.

Perlu dicatat bahwa pertumbuhan penduduk bukanlah hal yang boleh disepelekan. Program dan gerakan tentunya sangat menguntungkan negara agar dapat memenuhi kebutuhan warga negaranya. Tak hanya itu, program KB merupakan investasi dalam meningkatkan kualitas SDM Indonesia, sekaligus meningkatkan pembangunan Indonesia.

Jadi, apakah Anda siap untuk melakukan program KB?

  • (credit image: tribunnews.com)

Komentar Kamu

   

Loading...

Nama

android,2,asuransi,2,balikpapan,1,Bandung,36,Bank,15,biografi,29,bisnis,15,bisnis.,1,DAMRI,26,Deposito,2,edukasi,81,Fashion,15,Financial,59,game,3,harga emas antam,14,Hiburan,97,investasi,4,Jakarta,46,Karir,26,Kenapa oh Kenapa,20,Kredit,3,Kuliner,58,Lampung,8,Lifestyle,104,Love,33,Lowongan Kerja,15,not lagu,68,opini,1,properti,5,Resep,24,Sehat,103,Singapore,3,smartphone,4,sport,20,Table Manner,8,Teknologi,42,visa jerman,3,visa korea,2,visa perancis,4,visa us,5,Wisata,141,
ltr
item
inLine: Fakta Mencengangkan Mengenai Program KB di Indonesia, Sudah Tahu?
Fakta Mencengangkan Mengenai Program KB di Indonesia, Sudah Tahu?
https://1.bp.blogspot.com/-q__j7l7yAMw/XVQl06ilQ3I/AAAAAAAAMpk/wnTZpO1eUSMAtfFruj6Io-vjor5EizpQgCLcBGAs/s320/dampak%2Bnegatif%2Bkb.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-q__j7l7yAMw/XVQl06ilQ3I/AAAAAAAAMpk/wnTZpO1eUSMAtfFruj6Io-vjor5EizpQgCLcBGAs/s72-c/dampak%2Bnegatif%2Bkb.jpg
inLine
http://www.inotesweb.com/2019/08/efek-mengikuti-program-kb.html
http://www.inotesweb.com/
http://www.inotesweb.com/
http://www.inotesweb.com/2019/08/efek-mengikuti-program-kb.html
true
5053469692625274836
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete oleh Home PAGES POSTS View All Rekomendasi buat Kamu LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow KONTEN SANGAT BERGUNA Bagikan Konten ini, Baru Anda bisa Lihat Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy