Auto Height Logo

10 Kesalahan dalam Membuat CV ketika Melamar Kerja

Ketika melamar kerja, CV sangat dibutuhkan sebagai salah satu syarat dokumen. Dalam hal ini, penulisan CV tentu mempengaruhi penilaian pem...

Ketika melamar kerja, CV sangat dibutuhkan sebagai salah satu syarat dokumen. Dalam hal ini, penulisan CV tentu mempengaruhi penilaian pemberi kerja untuk anda yang melamar kerja. Lantas bagaimana cara membuat CV yang baik dan benar? Apa saja isi CV yang bagus?

Memang anda bisa browsing dan banyak template CV yang berseliweran di internet. Namun, perlu anda ketahui ada 10 hal yang seharusnya tidak dicantumkan pada CV (Curriculum Vitae) namun nyatanya para pencari kerja tetap saja mencantumkan hal ini. Ini yang dimaksud,

Info Personal yang Sifatnya SARA

Informasi ini meliputi tanggal lahir, agama, gender, suku, berat badan, status pernikahan dan tinggi badan. Sampaikan secara spesifik jika diminta. Hal personal yang sifatnya SARA (Suku Agama Ras) ini bisa menjadikan penilaian terhadap anda bias.

Kenapa? Biasanya embel embel SARA ini akan menjadi awal diskriminasi. Ya sebaiknya hindari pencatuman hal hal yang di atas.

Penilaian Subjektif pada Keahlian

Penilaian subjektif yang dimaksud adalah dimana anda menilai kemampuan anda secara pribadi. Misalkan kemampuan bahasa Inggris  anda tulis - Baik. 

Untuk soft-skill yang ingin dilampirkan hindari memberikan penilaian sendiri seperti di atas. Jika ingin melampirkan dan menunjukkan pengetahuan lakukan secara objektif. Artinya anda mencantumkan penilaian terhadap soft-skill anda yang dinilai oleh lembaga yang kredibel. Misalkan kemampuan berbahasa Inggris, anda lampirkan sertifikat TOEFL. Intinya yaitu ada bukti konkrit penilaian pihak ke-tiga.

Font 'Aneh' dan Background Berwarna

Ketika anda melamar untuk perusahaan atau posisi pada industri kreatif seperti desain ini memang disarankan. Tetapi untuk posisi konvensional seperti teknisi, konsultan, finansial gunakan font yang lazim saja seperti Times New Roman, Arial. 

Hindari CV yang berwarna warni backgroundnya. Untuk menunjukkan kreativitas yang anda miliki, disarankan menggunakan portofolio.

Hindari Menulis Singkatan (Akronim)

Hal berikut yang perlu dihindari adalah Singkatan yang kurang lazim. Anda bisa saja menulis singkatan tetapi untuk yang tidak lazim, berikan penjelasan.

Semisal, untuk pengalaman organisasi. Sering ditulis OOK UI, EDS UI dll. Ini kurang memberikan nilai bagi anda sebab bagian HRD acapkali tidak mengerti singkatan tersebut.

Menulis Semua Riwayat Pendidikan

CV yang baik idealnya tak melebihi dua halaman. Untuk menghemat space pada CV tersebut dianjurkan tidak menulis riwayat pendidikan dari TK sampai Perguruan Tinggi secara lengkap.

Bagi fresh-graduate cukup mencantumkan pendidikan SMA dan S1 (perguruan tinggi). Sementara bila anda telah memiliki pengalaman bekerja, cukup menulis pendidikan terakhir saja. Anda TK dan SD dimana itu tidak terlalu penting.

Tidak Usah Pakai Foto

Seringkali lamaran anda pada bagian CV anda lampirkan foto. Jika tidak diminta sebenarnya ini tidak perlu.

Foto sebaiknya disertakan pada dokumen terpisah, tidak dalam CV. Itupun kalau diminta.

Posisi tanpa Deskripsi

Erat kaitannya untuk anda yang sudah memiliki pengalaman kerja. Ketika menulis posisi anda di tempat bekerja yang lama, juga sertakan deskripsi berupa apa tanggung jawab anda pada posisi tersebut.

Semisal, Finance Manager. Tambahkan deskripsi seperti "Bertanggung Jawab dalam menggalang dana, mempersiapkan laporan keuangan dan mengontrol pengeluaran"

Selain menuliskan tanggung jawab, akan sempurna jika disertai hasil yang diperoleh.

Jangan Tuliskan GAP pada CV

Ketika beralih dari suatu pekerjaan ke pekerjaan lain misalkan anda menganggur 6 bulan. Hal tersebut tak terlalu penting ditulis apa yang anda lakukan selama menganggur.

Mungkin ini akan menjadi pertanyaan pada sesi wawancara. Jelaskan pada saat wawancara itu saja. Sebagai saran, lebih baik ketika anda menganggur, lakukan hal hal positif seperti mengikuti training, menjadi relawan dll.

Kesalahan Grammar dan Ejaan

Hindari kesalahan kesalahan penulisan kata dalam CV. Tidak ada salahnya melakukan cek dan ricek per-kata pada CV Anda.

AKan lebih baik anda minta bantuan ahli atau yang seseorang yang lebih berpengalaman seperti teman anda yang bekerja di bagian HRD atau ahli bahasa mengecek tatanan kalimat dan kata pada CV Anda.

CV yang Panjang pake Banget

Telah disinggung di atas, sebaiknya CV cukup 1 halaman atau 2 halaman saja. Jangan terlalu panjang. Biasanya jika panjang ini cukup membosankan untuk dibaca.

Apabila anda memang memiliki pengalaman yang banyak, silakan ditulis yang relevan dengan posisi yang anda lamar saja.

Nah itulah 10 kesalahan dalam menulis CV yang wajib anda hindari. Artikel ini disadur dari utas cuitan @imanusman di akun twitternya.

Komentar Kamu

   

Loading...

Nama

android,2,asuransi,2,balikpapan,1,Bandung,36,Bank,15,biografi,29,bisnis,15,bisnis.,1,DAMRI,26,Deposito,2,edukasi,80,Fashion,15,Financial,59,game,3,harga emas antam,14,Hiburan,96,investasi,4,Jakarta,46,Karir,26,Kenapa oh Kenapa,20,Kredit,3,Kuliner,58,Lampung,8,Lifestyle,102,Love,33,Lowongan Kerja,15,not lagu,68,opini,1,properti,4,Resep,24,Sehat,101,Singapore,3,smartphone,4,sport,20,Table Manner,8,Teknologi,42,visa jerman,3,visa korea,2,visa perancis,4,visa us,5,Wisata,141,
ltr
item
inLine: 10 Kesalahan dalam Membuat CV ketika Melamar Kerja
10 Kesalahan dalam Membuat CV ketika Melamar Kerja
https://1.bp.blogspot.com/-v24KCgbIjeM/XSXEQwtWARI/AAAAAAAAMjs/i2I5l4XESiIsT1F-J5uEivuISojMouMgQCLcBGAs/s1600/kover.png
https://1.bp.blogspot.com/-v24KCgbIjeM/XSXEQwtWARI/AAAAAAAAMjs/i2I5l4XESiIsT1F-J5uEivuISojMouMgQCLcBGAs/s72-c/kover.png
inLine
http://www.inotesweb.com/2019/07/10-kesalahan-dalam-membuat-cv-ketika.html
http://www.inotesweb.com/
http://www.inotesweb.com/
http://www.inotesweb.com/2019/07/10-kesalahan-dalam-membuat-cv-ketika.html
true
5053469692625274836
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete oleh Home PAGES POSTS View All Rekomendasi buat Kamu LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow KONTEN SANGAT BERGUNA Bagikan Konten ini, Baru Anda bisa Lihat Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy