Auto Height Logo

Peraturan dan Sistem Skor pada Permainan American Football

Aturan dalam Permainan American Football (sepakbola Amerika) Pergerakan Bola Tim yang memiliki bola disebut tim penyerang. Dan tim yang...

Aturan dalam Permainan American Football (sepakbola Amerika)

Pergerakan Bola

Tim yang memiliki bola disebut tim penyerang. Dan tim yang menunggu disebut tim bertahan.
Tim penyerang akan diberikan kesempatan awal sebanyak 4 kali down dengan syarat harus sampai pada 10 yard dari end zone (gawang lawan). Disinilah makanya lapangan ini diberi penanda berupa angka-angka.
Credit Image: fisu.com
Jika tim penyerang berhasil melakukan hal tersebut, maka tim tersebut akan mendapatkan 1 kesempatan lagi memiliki bola (first-down) yang juga memiliki 4 down.

Jika setelah first down dan gagal melakukan 4 down maka bola akan menjadi milik tim bertahan. Tim yang semula bertahan sekarang akan berperan sebagai tim penyerang dan sebaliknya.

Pengecualian terdapat pada awal quarter ke-3.  Jika tim penyerang berhasil mencetak gol, maka pergerakan bola ada di posisi snap. Kedua tim akan berhadapan di posisi awal bola. Kemudian tim penyerang melakukan  operan (snap) dicelah kakinya ke arah belakang dan dilanjutkan hingga sampai pada quarter back. Kemudian biasanya bola dioperlagi ke Running. (RB).

Cara Membawa Bola

Pertama, pemain bisa membawa bola dengan  rushing dimana bola diberikan langsung pada tangan rekan satu tim.

Selain itu bola boleh dioper dengan cara melemparnya (passing). Biasanya dalam sepakbola amerika ini bila pasti dioper ke arah depan. Ini yang menjadi salah satu perbedaan Football American dan Rugby. 

Apa itu Down dalam Permainan American Football?

Down adalah proses pembawaan bola oleh tim penyerang. Down ini dinyatakan usai (tim penyerang gagal) atau bola dalam keadaan 'bola mati' saat.
  1. Pembawa bola berhasil dijatuhkan atau geraknya dihentikan tim bertahan
  2. Operan ke depan tak tertangkap dan keluar area permainan atau jatuh ke lapangan sebelum di tangkap. Ini disebut dengan incomplete pass (operan tak sempurna). Jika ini terjadi bola dikembalikan ke titik awal dan akan memulai down berikutnya.
  3. Bola/Pemain berada di luar area permaianan.
  4. Salah satu tim berhasil membuat gol.

Kapan Pergantian Kepemilikan Bola terjadi?

Kepemilikan bola bertukar ketika tim penyerang tidak berhasil melakukan first down setelah menghabiskna kesempatan 4 down (tidak mampu membawa bola 10 yard dalam 4 kesempatan serangan).

Jika ini terjadi maka terjadi turnover on down alias peralihan kepemilikan bola. Bola akan diposisikan dimana terjadi down ke 4 berakhir.

Ketika berhasil mencetak goal, tim penyerang diberikan kesempatan tendangan istimewa dari daerah nya menuju daerah lawan. Inilah yang disebut dengan kick off. Disini  akan ada istilah tendangan punt. Yaitu tendangan dengan melepaskan bola dan menendangnya sebelum haruh ke tanah.

Ketika tim lawan berhasil memotong operan lawan. Bola hasil rebutan boleh dibawa berlari sejauh mungkin atau jika memungkinkan diperbolehkan mencetak gol.

Sistem Skor pada Pertandingan American Football\

TOuch down akan diberikan nilai 6 poin. Touchdown aritnya adalah bila pemain berhasil sampai di endzone lawan.

Setelah sampai di endzone, pemain bisa melanjutkan dengan membawa bola hingga garis 3 yard dan ditendang sehingga melewati gawang. Ini akan diberikan satu poin. Atau jika menginginkan 2 poin bola dibawa berlari dan diper ke end zone seperti touchdown lagi.

Berikutnya, Field Goal (FG), nilainya 3 poin. Ini diberikan ketikaa tendangan bila melewati gawang lawan dimana bola ditaruh diatas lapangan oleh teman dan ditendang). Ini biasanya disebut tendangan spekulasi, karena sering dilakukan jika waktu telah hampir habus atau khawatir dengan hadangan lawan.

Safety, nilainya 2 angka. Ini diberikan pada tim bertahan yang berhasil memaksa tim penyerang mundur hingga end zonenya tim penyerang tersebut.

Kickoff dan tendangan bebas

Sebagai pembuka permainan di awal pertandingan dilakukan kick off atau setelah tim lawan berhadil touch down. Tim penyerang akan menendang bola dari daerahnya sendiri pada garis 30 yard.

Tim bertahan akan berusaha menangkapnya, dan dibawa sejauh mungkin mendekati daerah lawan. Tempat tejauh itulah yang akan menjadi titik awal serang tim penyerang nantinya. Semakin mendekati daerah tim menyerang si tim bertahan membawa bola hasil kick off maka akan semakin jauh pula tim penyerang memulai serangannya.

Jika bola tendangan kick off berhasil ditangkap tim bertahan maka dia boleh membawa bola tersebut ke daerah end zone sendiri dan berlutut. Ini disebut dengan touchback. Jika berhasil touch back maka kepemilikan bola akan berubah.

Pelanggaran dalam Permainan American Football

Jika pelanggaran dilakukan tim bertahan, maka titik awal serang akan dimajukan mendekati daerah end zone lawan. Jika pelanggaran dilakukan tim penyerang maka titik awal serang dimundurkan.

Jenis hukuman lain adalah pengulangan down, pemberian first down. Atau jika pelanggaran dari tim bertahan bisa jadi kehilangan kesempatan down.

Ketika terjadi pelanggaran maka wasit akan mengangkat bendera kuning di daerah terjadinya pelanggaran.

Macam Macam Contoh Pelanggaran dalam American Football

False Start - Pergerakan yang tidak sah dari tim penyerang dalam snap. Hukumannya, play untuk down tersebut dianggap gugur.

Offside - Hukumannya bergantung pada hasil down.

Holding - Menarik badan tim lawan yang tidak membawa bola.

Pass Interference - Membenturkan badan ke pemain lawan untuk mencegah pemain lawan menangkap bola.

Delay - Lalai dalam sebuah play (down) atau mengulur ngulur waktu.

Blocked dari belakang atau mendorong dari belakang.

Facemask- Menyentuh atau berusaha membuka helm pelindung pemain lainnya. Baca: Sejarah, Perkembangan Olahraga American Football.

Komentar Kamu

   

Loading...

Nama

android,2,asuransi,2,balikpapan,1,Bandung,36,Bank,15,biografi,29,bisnis,15,bisnis.,1,DAMRI,26,Deposito,2,edukasi,81,Fashion,15,Financial,59,game,3,harga emas antam,14,Hiburan,97,investasi,4,Jakarta,46,Karir,26,Kenapa oh Kenapa,20,Kredit,3,Kuliner,58,Lampung,8,Lifestyle,104,Love,33,Lowongan Kerja,15,not lagu,68,opini,1,properti,5,Resep,24,Sehat,103,Singapore,3,smartphone,4,sport,20,Table Manner,8,Teknologi,42,visa jerman,3,visa korea,2,visa perancis,4,visa us,5,Wisata,141,
ltr
item
inLine: Peraturan dan Sistem Skor pada Permainan American Football
Peraturan dan Sistem Skor pada Permainan American Football
https://4.bp.blogspot.com/-YHE8-jlNnFc/Wo7_I1m2OnI/AAAAAAAAKGw/Yi6j2J5-j7cucmBjsgNo899cz9IjrYSUQCPcBGAYYCw/s400/teoreme%2Bbintang%2Bdavid.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-YHE8-jlNnFc/Wo7_I1m2OnI/AAAAAAAAKGw/Yi6j2J5-j7cucmBjsgNo899cz9IjrYSUQCPcBGAYYCw/s72-c/teoreme%2Bbintang%2Bdavid.jpg
inLine
http://www.inotesweb.com/2018/02/aturan.pelanggaran.sistem.skor.permainan.american.football.html
http://www.inotesweb.com/
http://www.inotesweb.com/
http://www.inotesweb.com/2018/02/aturan.pelanggaran.sistem.skor.permainan.american.football.html
true
5053469692625274836
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete oleh Home PAGES POSTS View All Rekomendasi buat Kamu LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow KONTEN SANGAT BERGUNA Bagikan Konten ini, Baru Anda bisa Lihat Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy