Auto Height Logo

Alasan Kamu Harus Berwisata ke Alaska

Alaska adalah negara bagian Amerika Serikat ke-49 yang relatif menyatu dengan dataran besar benua Amerika. Luas daratan Alaska 1,5 juta kilo...

Alaska adalah negara bagian Amerika Serikat ke-49 yang relatif menyatu dengan dataran besar benua Amerika. Luas daratan Alaska 1,5 juta kilometer persegi ditambah 117.000 km persegi perairan. Dengan wilayah seluas itu, Alaska menjadi negara bagian terbesar di Amerika Serikat. Luas Alaska meliputi seperlima dari seluruh luas wilayah Amerika Serikat. Penduduknya berjumlah 627.000 jiwa, sekitar 69 persen kulit putih, 20 persen Indian, Eskimo, dan Aleut. Sisanya merupakan pendatang dari Asia, Afrika, dan suku lain dari kepulauan Pasifik.
Sejarah Alaska dimulai dari perdagangan bulu binatang, penebangan kayu, ikan salmon, pertambangan emas, dan minyak bumi. Setiap bangsa pendatang yang mengeksplorasi daerah ini membawa cerita dan perkembangan tersendiri bagi Alaska. Juneau yang terletak sekitar 965 kilometer dari Anchorage dan 1.448 km dari Seattle menjadi ibu kota sejak 1900. Walaupun Juneau merupakan ibu kota Negara Bagian Alaska, Anchorage merupakan kota terbesar dan merupakan pintu gerbang utama masuk ke Alaska.

Pemburu emas berbondong-bondong memasuki Alaska sekitar 1880. Tambang emas bisa ditemukan di dekat pantai hingga masuk ke pedalaman, seperti daerah Fairbanks dan Yukon yang terletak di Alaska tengah. Namun, kini banyak tambang ditinggalkan karena sudah tidak ekonomis. Bekas tambang emas dan jalur kereta apinya kini menjadi pusat turis yang ramai. Alaska juga penghasil minyak mentah. Alyeska Pipeline mengoperasikan pipa minyak Trans Alaska Pipeline System. Perusahaan ini dimiliki konsorsium 5 perusahaan, BP (Alaska) Inc, ExxonMobile Pipeline Company, Conoco Philips Transportation Alaska, Unocal Pipeline Company, dan Koch Alaska Pipeline Company LLC.

Begitu luasnya Alaska sehingga minyak mentah yang dialirkan dengan kecepatan 4 mil per jam dari Prudhoe Bay membutuhkan waktu sembilan hari untuk sampai di pelabuhan Valdez Marine Terminal sepanjang 800 mil. Di pelabuhan yang tak membeku selama 365 hari itu sudah menunggu 16.000 kapal tanker. Pipa tersebut melintasi tiga pegunungan, Brooks, Alaska, dan Chugach. Lebih dari 14 juta barrel minyak mentah dialirkan lewat Trans Alaska Pipeline System sejak 1977. Sebanyak 17 persen dari kebutuhan minyak Amerika diproduksi dari sini.

Darat dan laut
Perjalanan di Alaska akan lebih menarik jika kita mengombinasikan wisata darat dan wisata laut (cruise). Paket wisata darat dibuat lima hari, menggunakan bus dan kereta beratap kaca sehingga kita leluasa menikmati pemandangan alam sepanjang perjalanan. Kota yang dilewati dari Fairbanks dan Denali di wilayah tengah menuju Anchorage di Selatan. Perjalanan tambah berkesan karena kita menginap di rumah kayu. Semua tempat menginap dan transportasi akan diatur organisasi kapal pesiar yang kita pilih. Acara wisata darat adalah melihat tambang emas dan menikmati pemandangan alam, termasuk gunung tertinggi di Alaska, Mt McKinley.

Beberapa kota di Alaska hanya bisa dijangkau melalui laut. Di samping pesawat udara, transportasi laut cukup dominan sehingga perjalanan laut juga melengkapi wisata di Alaska. Ada banyak kapal pesiar berlayar dengan rute tetap pergi pulang dari Anchorage ke Vancouver, Kanada, atau Seattle, Negara Bagian Washington, AS. Kapal pesiar ini sanggup mengangkut 2.000 hingga 3.000 penumpang. Waktu berlayar sekitar tujuh hari. Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan selama pelayaran, seperti berenang, olahraga, kebugaran, dan menonton kabaret atau film.

Di samping itu, ada pelajaran aerobik, kursus komputer, melukis untuk anak-anak, pameran lukisan, spa, salon, dan berbelanja di sejumlah toko. Restoran pun buka selama 24 jam. Kita boleh makan apa saja dan kapan saja sepuasnya karena sudah termasuk dalam paket biaya pelayaran.

Saat musim dingin, es bertimbun membentuk gletser. Gletser yang diberi nama sesuai penemunya itu punya beragam bentuk. College Fjord, misalnya, meleleh seperti es krim, sementara Hubbard Glacier berujung runcing. Kalau beruntung, kita bisa melihat gunung es tersebut longsor, gugur ke laut menimbulkan gemuruh dan menjadi pemandangan menakjubkan. Bongkahan es ini akan terbawa arus laut sampai beberapa kilometer sebelum mencair seluruhnya.

Di luar panorama rontoknya gletser, kapal akan singgah di kota Skagway, Juneau, dan Ketchikan. Penumpang bisa turun dari kapal untuk mengikuti tur tambahan. Pengalaman menarik adalah melihat paus di habitat asli di laut lepas. Bisa dibayangkan makhluk hitam sebesar metromini melompat keluar dari air. Setelah itu, serombongan burung laut akan menukik mematuki ikan kecil yang menggelepar di sekitar kumpulan paus yang melompat itu. Operator menjamin kita pasti bertemu dengan rombongan paus. Paus bungkuk dan orca (paus pembunuh), yang lebih mirip lumba-lumba, bisa ditemui di daerah ini.

Alaska juga identik dengan ikan salmon, baik alamiah maupun budidaya. Ketchikan, salah satu kota di Alaska, disebut sebagai ibu kota dunia salmon. Ikan salmon bermigrasi melompat dari tempat rendah ke bagian sungai yang lebih tinggi untuk memijah. Di tengah perjalanan, beruang coklat berdiri mencegat dan menankap ikan salmon. Beruang hitam dan coklat bersaing dengan manusia berburu ikan salmon ketika musim berkembang biak tiba sehingga juga bukan barang aneh bila tiba-tiba bus yang kita tumpangi harus berhenti karena ada beruang menyeberang jalan.

Singkat kata, kalau ada seribu tempat yang harus dikunjungi sebelum kita dipanggil sang Mahakuasa, Alaska mungkin merupakan salah satu tempat yang layak dikunjungi Terkait: Pembayaran Visa Amerika Serikat atau USA

Komentar Kamu

   

Loading...

Nama

android,2,asuransi,2,balikpapan,1,Bandung,36,Bank,15,biografi,29,bisnis,15,bisnis.,1,DAMRI,26,Deposito,2,edukasi,79,Fashion,15,Financial,59,game,3,harga emas antam,14,Hiburan,96,investasi,4,Jakarta,46,Karir,26,Kenapa oh Kenapa,20,Kredit,3,Kuliner,58,Lampung,8,Lifestyle,102,Love,33,Lowongan Kerja,14,not lagu,68,opini,1,properti,4,Resep,24,Sehat,101,Singapore,3,smartphone,4,sport,20,Table Manner,8,Teknologi,42,visa jerman,3,visa korea,2,visa perancis,4,visa us,5,Wisata,141,
ltr
item
inLine: Alasan Kamu Harus Berwisata ke Alaska
Alasan Kamu Harus Berwisata ke Alaska
https://3.bp.blogspot.com/-wD8q7VyMPBo/WNVhAPKo5-I/AAAAAAAAAk0/bskFfAPFMNsXw01PZJDwoTyRC5OsotMegCLcB/s640/diskon%2Bbazar.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-wD8q7VyMPBo/WNVhAPKo5-I/AAAAAAAAAk0/bskFfAPFMNsXw01PZJDwoTyRC5OsotMegCLcB/s72-c/diskon%2Bbazar.jpg
inLine
http://www.inotesweb.com/2017/05/alasan-kamu-harus-berwisata-ke-alaska.html
http://www.inotesweb.com/
http://www.inotesweb.com/
http://www.inotesweb.com/2017/05/alasan-kamu-harus-berwisata-ke-alaska.html
true
5053469692625274836
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete oleh Home PAGES POSTS View All Rekomendasi buat Kamu LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow KONTEN SANGAT BERGUNA Bagikan Konten ini, Baru Anda bisa Lihat Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy