Auto Height Logo

Istilah dalam Transfer Pemain dalam Dunia Sepakbola

Pemain sepak bola adalah sebuah profesi yang cukup banyak menarik banyak orang. Selain menjadi superstar yang dikenal diseluruh penjuru dun...

Pemain sepak bola adalah sebuah profesi yang cukup banyak menarik banyak orang. Selain menjadi superstar yang dikenal diseluruh penjuru dunia, gaji yang didapat sangatlah besar. Contohnya saja, pasti kamu sudah tahu berapa harta kekayaan yang dimiliki oleh sang mega bintang Cristiano Ronaldo.

Dalam permainan olah kulit bundar ini ada dikenal transfer pemain atau proses perpindahan pemain dari suatu klub ke klub lainnya. Bagi penggemar sepakbola tentu sudah mengetahui lah ya kapan transfer pemain ini.
berita transfer, pemain bola
Zlatan Ibrahimovic
Mengenai transfer pemain, berikut beberapa istilah dan siapa saja yang terlibat dalam transfer pemain sepakbola. Nah mari kita lihat deh apa saja istilah dalam transfer pemain sepakbola.

Transfer Window (Jendela transfer)

Jendela transfer adalah timing yang telah ditetapkan oleh FIFA sebagai badan persepakbolaan internasional pada klub untuk melakukan proses perpindahan pemain, baik pemain secara domestic ataupun melintas Negara.

Sahnya transfer pemain bila telah ada appointment antara pemain, menejer, pelatih. Setelah itu pemain selanjutnya didaftarkan pada FIFA. Jendela transfer ini dibuka dua kali setahun. Biasanya dikenal sebagai bursa transfer musim dingin ( awal tahun) dan bursa transfer musim panas (tengah tahun. Dalam transfer pemain ini akan ditemukan beberapa istilah yang cukup aneh.

Klausul Pembelian Ulang (Buy back Clause)

Klausul ini ada berupa kesepakatan antara klub penjual dan klub pembeli dimana nanti ada kesepakatan tertentu yang mana klub penjual bisa membeli pemain itu lagi dengan harga dan kondisi tertentu. Jenis klausul ini biasanya digunakan untuk penjualan para pemain muda yang berbakat, tetapi untuk sekarang belum mendapatkan kesempatan bermain yang banyak.

Klausul Penampilan ( Performance Related Clause)

Jenis klausul ini baru hadir sekarang ini. Dalam klausul ini ada kesepakatan dimana ada sejumlah kondisi dan harga tertentu yang harus dibayarkan klub pembeli pada klub ppenjual lagi.

Sebagai contoh, bila pemain A bisa menjuarai Liga atau menjadi top skor, maka klub pembeli harus membayarkan uang lebih pada klub asal. Pengajuan klausul ini biasanya sebagai syarat pembelian oleh klub awal.

Jenis klausul ini biasanya juga pada pemain yang mempunyai kemampuan yang luar biasa. Klub asal sangat diuntungkan karena jika sang pemain mencapai achievement tertentu baik secara personal ataupun tim, mereka tetap memperoleh pemasukan.

Klausul Pelepasan (Buy Out Clause)

Klausul ini bisa diartikan sebagai lawan dari Buy back klausul. Pemain akan diberikan kontrak. Ini digunakan bagi bagi pemain yang sudah popular. Apabila sang pemain dibeli oleh pihak lain maka klub pembeli harus membayar sejumlah kontrak yang ada pada klausul tersebut.

Dalam kalimat sederhana, jika sebuah tim lain mampu mengeluarkan sejumlah uang sebesar Buy Out tersebut maka pemain bisa saja meninggalkan klub yang memberikan klausul Buy out tersbeut. Dalam hal ini jika pemain dan penebus klausul buy out sepakat, maka klub lama tak berhak lagi menahan pemain.

Selain transfer pembelian atau penjualan pemain. Ada beberapa cara dalam kepemilikan pemain selain jual-beli.

Co Ownership / Kepemilikan Bersama. Jika di sepakbola Liga Italia dikenal dengan comproprieta. Dalam hal ini ada dua klub yang memiliki seorang pemain. Namun di listnya yang resmi pemain ini hanya didaftarkan sebagai salah satu klub saja.

Third Party – Pihak Ke-tiga.Yaitu kepemilikan seorang pemain oleh pihak ke-3 selain klub dimana dia bermain. Contoh pihak ketiga ini anatara lain Agen Sepakbola, Lembaga Olahraga, sekolah sepakbola atau investor lainnya. Namun untuk sistem kepemilikan investor telah dilarang FIFA semenjak tahun 2007.

Status Pemain Pinjaman

Dikenal dengan sebutan Loan. Seorang pemain yang mungkin tidak bisa bersaing di tim yang memilikinya, kemudian dipinjamkan pada tim lain. Biasanya peminjaman ini bisa berupa sewa, atau sang peminjam membayar gaji pemain. Semua tergantung pada kesepakatan masing masing.

Dengan adanya jalan pinjam pemain ini, maka bisa membuat pemain bisa mendapatkan kesempatan bermain di klub lain. Baca jugaPemain Sepak Bola yang Pernah Mengeluarkan Album Lagu.

Komentar Kamu

   

Loading...

Nama

android,2,asuransi,2,balikpapan,1,Bandung,36,Bank,15,biografi,29,bisnis,15,bisnis.,1,DAMRI,26,Deposito,2,edukasi,79,Fashion,15,Financial,59,game,3,harga emas antam,14,Hiburan,96,investasi,4,Jakarta,46,Karir,26,Kenapa oh Kenapa,20,Kredit,3,Kuliner,58,Lampung,8,Lifestyle,102,Love,33,Lowongan Kerja,14,not lagu,68,opini,1,properti,4,Resep,24,Sehat,101,Singapore,3,smartphone,4,sport,20,Table Manner,8,Teknologi,42,visa jerman,3,visa korea,2,visa perancis,4,visa us,5,Wisata,141,
ltr
item
inLine: Istilah dalam Transfer Pemain dalam Dunia Sepakbola
Istilah dalam Transfer Pemain dalam Dunia Sepakbola
https://1.bp.blogspot.com/-P91g4k8nFQU/WM-bJAllkZI/AAAAAAAAAdQ/Enui_M3fVjwIasemUvJxYkD1jt1_3QnKACLcB/s400/promo%2Bmurah%2Basuransi.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-P91g4k8nFQU/WM-bJAllkZI/AAAAAAAAAdQ/Enui_M3fVjwIasemUvJxYkD1jt1_3QnKACLcB/s72-c/promo%2Bmurah%2Basuransi.jpg
inLine
http://www.inotesweb.com/2017/04/istilah-dalam-transfer-pemain-dalam.html
http://www.inotesweb.com/
http://www.inotesweb.com/
http://www.inotesweb.com/2017/04/istilah-dalam-transfer-pemain-dalam.html
true
5053469692625274836
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete oleh Home PAGES POSTS View All Rekomendasi buat Kamu LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow KONTEN SANGAT BERGUNA Bagikan Konten ini, Baru Anda bisa Lihat Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy