Auto Height Logo

Bahaya Memakai Peralatan Makan dari Melamin

Murahnya peralatan makan dari melamin sangat menarik hati. Dengan harga Rp10 ribu inLiners sudah bisa mendapatkan 2 sampai 3 produk. Bahka...

piring melamin, mangkuk melamin, kanker, ginjal
Murahnya peralatan makan dari melamin sangat menarik hati. Dengan harga Rp10 ribu inLiners sudah bisa mendapatkan 2 sampai 3 produk. Bahkan dibeberapa pusat perbelanjaan ada yang menjual secara kiloan dengan harga Rp 40ribu/kg.

Dibalik murahnya harga tersebut inLiners harus tahu apa efek samping menggunakan peralatan makan dari melamin ini. Sebuah uji yang dilakukan oleh Yayasan lembaga konsumen Indonesia (YLKI) dengan jurusan kimia FMIPA Univ Indonesia pada sepuluh jenis merk dihasilkan sebuah laporan bahwasanya tidak semua produk dari melamin ini yang memenuhi standar food-grade. Dalam kata lain, terdapat materi berbahaya yang diduga bisa pindah ke makanan dari produk melamin ini yang disebabkan karena faktor suhu.

Penelitian lain di Taiwan dilaksanakan dengan 12 perempuan dan laki-laki disuruh makan sup panas dengan mangkok yang berbahan dasar Melamin. Kemudian, dari orang tersebut dilakukan tes urin. Sebagai pembanding, 3 minggu berikutnya 12 orang tersebut melakukan hal yang sama, tetapi sekarang digunakan mangkok dari keramik.

Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwasanya ternyata ketika makan dengan menggunakan mangkok melamin, terdapat 8,35 mikro gram kadar melamin dalam tubuhnya. Sementara untuk yang makan dengan mangkok keramin hanya terdapat 1,3 mikro gram. Ini menunjukkan bahwasanya terdapat perbedaan delapan kali lipat kadar melamin yang disebabkan makan dengan mengunakan alat dari Melamin.

Tingginya kadar melamin akn meningkatkan resiko penyakit batu ginjal. Seorang staf pengajar ITB Bandung, Bambang Ariwahjoedi menungkapkan dalam sebuah penelitian bahwa terdapat kandungan formalin dalam produk bermelamin. Apabila terkena panas, atau gesekan ketika dilakukan pencucian, maka partikel tersebut bisa lepas dan mengkontaminasi makanan yang diletakkan dengan wadah ini. Gejala sederhana yang diderita mulai dari diare, kencing annah dan muntah muntah.

Dalam waktu yang lama, efek formalin kandungan melamin tersebut bisa menyebakan iritasi lambung, gangguan otak dan sumsum tulang belakang. Lebih parah lagi, ini akan menjadi pemicu kanker. Ditambahkan Bambang, melamin ini adalah polimerasisasi dari monomer formaldehid dan fenol.

Jika fenol dan formaldehid bersama memang tak berbahaya. Karena formaldehid telah dinetralkan dengan fenol. Namun ketika terjadi pemanasan dan gesekan, sifat racun formaldehid bisa muncul karena sudah terlepas dari ikatannya dengan fenol.

Secara biologis, apabila manusia terkontaminasi formaldehid dengan kadar 30 miligram/L bisa menyebabkan kematian. Apabila inLiners mengalami gejalan muntah, pusing bahkan tak sadarkan diri setelah mengkonsumsi makanan yang disajikan dengan produk melamin, ini menunjukkan bahwa inLiners telah keracunan makanan.

Dari laporan FDA (BPPOM negara Amerika) menyatakan memang dibolehkan menggunakan wadah makanan dengan bahan dasar melamin. Namun dalam hal ini dilakukan pembatasan dimana makanan tersebut tidak boleh dipanaskan / dalam kondisi panas, dan juga tidak boleh makanan yang bersifat asam. Terkait Bahaya Menggunakan Celana Dalam yang Ketat.

Komentar Kamu

   

Loading...

Nama

android,1,asuransi,2,balikpapan,1,Bandung,35,Bank,15,biografi,29,bisnis,18,bus,10,cpns,2,DAMRI,25,Deposito,2,edukasi,81,Fashion,15,Financial,59,game,1,harga emas antam,14,Hiburan,97,investasi,4,Jakarta,45,Karir,28,Kenapa oh Kenapa,20,Kredit,3,Kuliner,58,Lampung,4,Lifestyle,106,Love,33,Lowongan Kerja,9,not lagu,70,opini,1,properti,5,Resep,24,Sehat,103,Singapore,3,smartphone,4,sport,20,Table Manner,8,Teknologi,41,visa jerman,3,visa korea,2,visa perancis,4,visa us,5,Wisata,141,
ltr
item
inLine: Bahaya Memakai Peralatan Makan dari Melamin
Bahaya Memakai Peralatan Makan dari Melamin
https://1.bp.blogspot.com/-y4-C9VnH0U0/WKIHseKV6cI/AAAAAAAAE7A/HdH5MJIxVtw59rQ5K6sK3Snnhbf4iFpPwCLcB/s640/pinjaman%2Bkredit%2Bbank.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-y4-C9VnH0U0/WKIHseKV6cI/AAAAAAAAE7A/HdH5MJIxVtw59rQ5K6sK3Snnhbf4iFpPwCLcB/s72-c/pinjaman%2Bkredit%2Bbank.jpg
inLine
http://www.inotesweb.com/2017/03/bahaya-memakai-peralatan-makan-dari.html
http://www.inotesweb.com/
http://www.inotesweb.com/
http://www.inotesweb.com/2017/03/bahaya-memakai-peralatan-makan-dari.html
true
5053469692625274836
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete oleh Home PAGES POSTS View All Rekomendasi buat Kamu LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow KONTEN SANGAT BERGUNA Bagikan Konten ini, Baru Anda bisa Lihat Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy