Auto Height Logo

Apa yang Terjadi jika Zona Waktu di Dunia di Samakan?

Di Indonesia kita mengenal ada waktu Indonesia Barat (WIB), Waktu Indonesia Tengah (WITA) dan waktu Indonesia Timur (WIT). Lebih luas, di d...

Di Indonesia kita mengenal ada waktu Indonesia Barat (WIB), Waktu Indonesia Tengah (WITA) dan waktu Indonesia Timur (WIT). Lebih luas, di dunia ini ada pembagian zona waktu, dimana ada perbedaan waktu antara suatu wilayah dengan wilayah lainnya yang didasarkan pada letak wilayah tersebut secara geografis.
jam tangan murah, zona waktu dunia
Ilustrasi: Gambar Bigben di Inggris
Sekarang kalau dipikir-pikir, buat apa ada pembagian zona waktu tersebut? Dan apa yang terjadi jika tak ada zona waktu. Dengan kalimat lain, kalau waktu di seluruh dunia disamakan saja bagaimana? Kan Lebih mudah.

Zona waktu sesungguhnya adalah sebuah fenomena di era modernisasi. Dahulu jika tak ada telekomunikasi berupa telpon, internet mungkin zona waktu tak terlalu penting. Sebab inLiners tak begitu punya urusan dengan orang di belahan dunia lain.

Sedikit sejarah tentang pembahagian zona waktu ini, awalnya diterapkan pada tahun 1847 di negara Inggris. Aplikasi ini digunakan untuk operasi kereta api. Berikutnya di tahun 1883, diperkenalkan pembagian zona waktu di negera New zealand dan negeri Paman Sam.

Tujuan pembagian zona waktu ini pertama kali adalah untuk menetapkan rentang waktu dengan suatu standar. Pembagiannya didasarkan posisi suatu wilayah berdasarkan garis bujur wilayah itu sendiri. Dengan adanya pembagian zona waktu ini maka, diharapkan penjadwalan kereta api waktu itu memiliki akurasi yang tepat.

Dilaporkan pada tahun 1929, hampir semua negara di dunia telah mempunyai zona waktu tersendiri dengan berpatokan pada GMT. Lalu untuk sekarang, apakah zona waktu tersebut masih penting? Dan apa gunanya zona waktu tersebut?

Seorang ahli astronomi Dicky Henry dan Seorang ahli ekonomi Hanke pernah memberikan pendapat untuk menghapis sistem zona waktu. Mereka memperkenal sistim Hanke-Henry sebagai pengganti sistem zona waktu. Sistem yang mereka usulkan akan berbentuk, jika di Paris jam 22.00 i maka di Tokyo juga jam 22.00.

Namun ternyata ini akan jadi masalah. Bayangkan pada jam 22.00 (10 malam), seseorang di Paris harus ke sekolah jam 22.00. Sementara di Indonesia, pada jam tersebut Saya harus tidur. Cukup membingungkan bukan? Hal yang akan membingungkan lain contohnya, Pagi di Italia jam 21.00 lalu pagi di Brazil jam 8.00. Jadi pagi ini apa ya?

Apalagi jika jaman sekarang. Anggap saja tidak ada zona waktu. inLiners ingin menelepon pacar yang lagi pergi Umrah. Tanpa ada zona waktu, inLiners pasti sulit tahu, doi lagi apa. Nah dengan ada zona waktu, kan inLiners bisa memperkirakan. Jika di Indonesia jam 9.00 berarti di Makkah jam 4 sore misalkan. Artinya kalau jam 4 sore, kebayangkan mungkin si itu lagi shalat Ashar. Nanti aja nelpon jam 10, bertepatan dengan jam 5 di Makkah, jam segitu biasaya orang orang kan lagi pada santai.

Namun dengan memiliki sistem tanpa zona waktu, bukan berarti  tidak bagus. Ada beberapa hal yang bisa dimudahkan jika tak ada zona waktu. Misalkan, sebuah pertandingan sepakbola tayang jam 9.00. Orang dari belahan dunia lain, tak akan banyak yang bingung "kalau di sini tayang jam berapa ya?" Tinggal nunggu waktu aja, jam 9.00 pokoknya ada pertandingan bola.

Kalau menurut pendapat inLiners sendiri bagaimana? Bagus atau tidak kalau waktu di bumi ini kita seragamkan? Terkait : Cara Hebat Manajemen Waktu (Time Management).

Komentar Kamu

   

Loading...

Nama

android,2,asuransi,2,balikpapan,1,Bandung,36,Bank,15,biografi,29,bisnis,15,bisnis.,1,DAMRI,26,Deposito,2,edukasi,81,Fashion,15,Financial,59,game,3,harga emas antam,14,Hiburan,97,investasi,4,Jakarta,46,Karir,26,Kenapa oh Kenapa,20,Kredit,3,Kuliner,58,Lampung,8,Lifestyle,104,Love,33,Lowongan Kerja,15,not lagu,68,opini,1,properti,5,Resep,24,Sehat,103,Singapore,3,smartphone,4,sport,20,Table Manner,8,Teknologi,42,visa jerman,3,visa korea,2,visa perancis,4,visa us,5,Wisata,141,
ltr
item
inLine: Apa yang Terjadi jika Zona Waktu di Dunia di Samakan?
Apa yang Terjadi jika Zona Waktu di Dunia di Samakan?
https://3.bp.blogspot.com/-tcWYoIeS_yc/WKjhclQ4WQI/AAAAAAAAAKk/FFt-h78jKSclg9zTnMh017qtpqIQmfyDQCLcB/s1600/harga%2Bmurah.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-tcWYoIeS_yc/WKjhclQ4WQI/AAAAAAAAAKk/FFt-h78jKSclg9zTnMh017qtpqIQmfyDQCLcB/s72-c/harga%2Bmurah.jpg
inLine
http://www.inotesweb.com/2017/02/sejarah-pembagian-zona-waktu.html
http://www.inotesweb.com/
http://www.inotesweb.com/
http://www.inotesweb.com/2017/02/sejarah-pembagian-zona-waktu.html
true
5053469692625274836
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete oleh Home PAGES POSTS View All Rekomendasi buat Kamu LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow KONTEN SANGAT BERGUNA Bagikan Konten ini, Baru Anda bisa Lihat Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy