Auto Height Logo

Sejarah Dibalik Dihancurkannya Patung Lele Bekasi

Bagi warga yang telah lama tinggal di Bekasi tentu bukan hal yang asing lagi tentang patung Lele. Patung tersebut ada di antara stasiun Beka...

Bagi warga yang telah lama tinggal di Bekasi tentu bukan hal yang asing lagi tentang patung Lele. Patung tersebut ada di antara stasiun Bekasi dan Rumah Sakit Umum Daerah Bekasi. Sekarang patung tersebut tinggal hanya dalam ingatan. Beberapa tahun yang lalu patung ini dibakar oleh 2 warga Bekasi. Apa sebenarnya yang terjadi ketika Patung Lele ini dibakar? Dikutip dari infobekasi.co.id berikut alasan dibalik pembakaran patung Lele ini.

Patung ini tidak hanya berbentuk lele. Patung ini juga dipasangkan dengan kecapi, tetapi masyarakat lebih mengenal patung tersebut dengan Patung Lele. Berikut gambar Patung Lele Bekasi tersebut.
Patung Lele Bekasi
Patung Lele ini dahulunya dibangun leh bupati Bekasi yang bernama Mochammad Djamhari di tahun 1995. Namun sebuah organisasi masyarakat Bekasi yang bernama Badan Kekeluargaan Masyarakat Bekasi atau disingkat BKMB berpendapat bahwa patung tersebut sama sekali tidak perlambang masyarakat Bekasi sesungguhnya. Oleh karena itu organisasi ini mengajukan protes pada Bupati yang menjabat saat itu.

Namun, protes tersebut tak mendapat tanggapan dari sang Bupati. Selanjutnya protes dilayangkan pada walikota Bekasi, Nonon Sonthani. Protes tersebut ditanggapi dengan pengeluaran Surat Keputusan atau SK untuk menghancurkan patung lele itu. Pada prakteknya, meskipun sudah ada surat perintah pembongkaran, namun patung tersebut tak kunjung dibongkar.

Hal ini tentu menjadi keresahan pada warga. Akhirnya salah seorang pengurus organisasi BKBM, Damin Sada (kala itu memiliki jabatan sebagai kepala desa Srijaya, Kec Tambun) membakar patung tersebut. Lalu apa yang menjadi alasan masyarakat Bekasi menolak patung tersebut dan membakarnya?

Masyarakat yang tak setuju denagn keberadaan patung tersebut beranggapan bahwa lele adalah hewan yang tamak. Lele dikenal sebagai pemakan semuanya. Ini tak layak untuk digunakan sebagai ikon Bekasi. Karena ini artinya melambangkan masyarakat Bekasi adalah masyarakat yang rakus.

Tentang kecapi yang ada di Patung tersebut. Buah kecapi sangat banyak sekali di Bekasi, harga buah ini sangat murah. Tentu ini juga bukan ikon yang pantas untuk warga Bekasi. Patung tersebut merendahkan masyarakat Bekasi.

Nah itulah alasan dibalik sejarah pembakaran patung lele di Bekasi tempo beberapa tahun yang lalu. Kalau menurut pendapat inLiners sendiri bagaimana? Baca juga : Tempat Makan Es Krim di Bekasi.

Komentar Kamu

   

Loading...

Nama

android,2,asuransi,2,balikpapan,1,Bandung,36,Bank,15,biografi,29,bisnis,15,bisnis.,1,DAMRI,26,Deposito,2,edukasi,81,Fashion,15,Financial,59,game,3,harga emas antam,14,Hiburan,97,investasi,4,Jakarta,46,Karir,26,Kenapa oh Kenapa,20,Kredit,3,Kuliner,58,Lampung,8,Lifestyle,104,Love,33,Lowongan Kerja,15,not lagu,68,opini,1,properti,5,Resep,24,Sehat,103,Singapore,3,smartphone,4,sport,20,Table Manner,8,Teknologi,42,visa jerman,3,visa korea,2,visa perancis,4,visa us,5,Wisata,141,
ltr
item
inLine: Sejarah Dibalik Dihancurkannya Patung Lele Bekasi
Sejarah Dibalik Dihancurkannya Patung Lele Bekasi
https://4.bp.blogspot.com/-tF_6sROZOU4/WJDW6yLDdOI/AAAAAAAAEoA/929cmOeSb00QWzGF4UjZ1ChLGkT-xgtfwCLcB/s320/ayam%2Bpetelur.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-tF_6sROZOU4/WJDW6yLDdOI/AAAAAAAAEoA/929cmOeSb00QWzGF4UjZ1ChLGkT-xgtfwCLcB/s72-c/ayam%2Bpetelur.jpg
inLine
http://www.inotesweb.com/2017/02/sejarah-dibalik-dihancurkannya-patung.html
http://www.inotesweb.com/
http://www.inotesweb.com/
http://www.inotesweb.com/2017/02/sejarah-dibalik-dihancurkannya-patung.html
true
5053469692625274836
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete oleh Home PAGES POSTS View All Rekomendasi buat Kamu LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow KONTEN SANGAT BERGUNA Bagikan Konten ini, Baru Anda bisa Lihat Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy