Auto Height Logo

Contoh Zat Pewarna Makanan Buatan dan Dampaknya Bagi Kesehatan

Ketika ingin konsumsi makanan, hal pertama yang diperhatikan adalah rasanya. Enak atau tidak, setelah itu tampilan makanan tersebut. Dengan...

Ketika ingin konsumsi makanan, hal pertama yang diperhatikan adalah rasanya. Enak atau tidak, setelah itu tampilan makanan tersebut. Dengan warna dan bentuk yang indah tentu akan semakin menarik untuk disantap. Apalagi nih buat inLiners yang suka eksis dan foto makanan sebelum dimakan.
zat pewarna makanan, pewarna makanan buatan
Selain Rasa, Warna juga Menjadi Daya Tarik Makanan
Tapi bagi inLiners tentu harus mempertimbangkan efek makanan tersebut setelah dimakan. inLiners harus tahu, jika beberapa warna yang membuat makanan tersebut bagus menggunakan pewarna buatan. Untuk itu inLiners harus tahu macam-macam dan contoh pewarna makanan buatan beserta efek yang ditimbulkannya.

Tartrazine (Yellow 5 / E102)

inLiners harus tahu jika pewarna ini didapat dari pengolahan Batubara. Tentu saja ini tidak baik buat kesehatan. Digunakan untuk menghasilkan warna kuning untuk makanan dan minuman. Paling serin digunakan untuk warna keju.

Dengan mengkonsumsi Tatrazine ini akan membuat kambuh asma, kulit melebam dan hidung meler serta ruam pada kulit. Termasuk jika punya riwayat buruk dengan penggunaan aspirin.

Ponceau 4R (SX Purple/E124)

Warna yang dihasilkan adalah merah hati. Biasa digunakan untuk kue, puding, selai dan minuman. Pewarna ini dinyatakan sebagai penjangkit pertumbuhan sel kanker pada tubuh. Baca juga : Makanan untuk Membuat Tubuh lebih Berotot.

Allura Red (E129)

Warna yang dihasilkan adalah merah Jingga. Penggunaan pewarna ini telah dilarang dibeberapa negara besar di dunia seperti Norwegia, Prancis, Belgia, Austria, Jerman dan Swedia.

Efek yang ditimbulkan dari pewarna buatan ini adalah dengan adanya gatal pada kulit. Bahaya bukan, bisa merusak kulit inLiners!

Quinoline Yellow (E104)

Pewarna satu ini paling banyak ditemukan pada minuman berenergi dan es krim. Hati-hati buat inLiners yang suka es krim nih.

Dampak dari pewarna buatan ini pada tubuh juga bisa meningkatkan kecendrungan terserang penyakit asma. Berikutnya juga disebutkan akan meningkatkan resiko hiperaktifvitas.

Sunset Yellow (E110/Yellow 6/ Orange Yellow)

Pemberi warna kuning kemerahan ini sangat banyak ditemukan pada minuman kaleng, es krim, keju dan obat obatan. Efek warna orange yang dihasilkan berwarna kuning menyala seperti langit ketika matahari mau tenggelam.

Efek penggunaan pewarna buatan ini adalah seperti alergi, muntah diikuti mual, hidung meler, dan gangguan pada kesehatan kulit. Serem juga nih!

Rhodamin B

Pewarna buatan ini seharusnya tidak diperbolehkan untuk dikonsumsi. Dengan rumus kimia C28H31N2O3Cl, jenis pewarna ini memiliki berat molekul 479000.

Bentuk Rhodamin B ini berupa kristal dengan warna hijau. Bisa juga ditemukan dalam bentuk serbuk ungu yang agak kemerahan. Rhodamin ini sifatnya mudah larut dalm air dan akan berwarna merah agak keburuan

Dalam penggunaan wajar, seharusnya ini digunakan sebagai pewarna kertas. Namun tak jarang ditemukan di makanan makanan meingat harganya yang lumayan murah. Nama lain dari Rhodamin B ini bisa ditemui seperti Food Red 15, D and C Red no19, Aizen Rhodamin. Selain sebagai pewarna kertas juga bisa ditemui sebagai pewarna industri tekstil.

Metanil Yellow

Pewarna Metanil Yellow ini juga banyak ditemukan dalam makanan. Seharusnya pewarna ini digunakan untuk industri cat, induustri tekstil. Metanil Yellow ini juga sering digunakan para ahli kimia sebagai indikator reaksi penetralan asamdan basa.

Biru berlian

Pewarna jenis ini biasanya digunakan pada industri kertas. Termasuk jua untuk industri tekstil. Namun dengan menimbang harga yang begitu murah serta efek warna yang dihasilkan menarik, pewarna ini juga digunakan oleh produsen makanan.

Bahaya penggunaan pewarna makanan ini hampir sama dengan pewarna buatan lain seperti, mual, muntah, pusing, gatal pada kulit dan memerah pada kulit.

Itulah beberapa pewarna buatan yang ada pada makanan, tetapi seharusnya tidak digunakan untuk mewarnai makanan itu sendiri. Jika inLiners menemukan makanan dengan komposisi seperti di atas salah satunya, lebih baik jangan dikonsumsi ya. Baca juga : Wah, Inilah Manfaat Kutu Rambut.

Komentar Kamu

   

Loading...

Nama

android,1,asuransi,2,balikpapan,1,Bandung,35,Bank,15,biografi,29,bisnis,17,bus,10,cpns,2,DAMRI,25,Deposito,2,edukasi,81,Fashion,15,Financial,59,game,1,harga emas antam,14,Hiburan,97,investasi,4,Jakarta,45,Karir,28,Kenapa oh Kenapa,20,Kredit,3,Kuliner,58,Lampung,4,Lifestyle,108,Love,28,Lowongan Kerja,9,not lagu,70,opini,1,properti,5,Resep,24,Sehat,102,Singapore,3,smartphone,4,sport,20,Table Manner,8,Teknologi,41,visa jerman,3,visa korea,2,visa perancis,4,visa us,5,Wisata,141,
ltr
item
inLine: Contoh Zat Pewarna Makanan Buatan dan Dampaknya Bagi Kesehatan
Contoh Zat Pewarna Makanan Buatan dan Dampaknya Bagi Kesehatan
https://3.bp.blogspot.com/-HgdNsYq20jg/WIjMGMxHPXI/AAAAAAAAEeU/E5Cr6hZbRi0zN0GzbbhEMAL8zwQu1dr7ACLcB/s400/contoh%2Bpewarna%2Bmakanan.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-HgdNsYq20jg/WIjMGMxHPXI/AAAAAAAAEeU/E5Cr6hZbRi0zN0GzbbhEMAL8zwQu1dr7ACLcB/s72-c/contoh%2Bpewarna%2Bmakanan.jpg
inLine
http://www.inotesweb.com/2017/02/contoh-zat-pewarna-makanan-buatan-dan.html
http://www.inotesweb.com/
http://www.inotesweb.com/
http://www.inotesweb.com/2017/02/contoh-zat-pewarna-makanan-buatan-dan.html
true
5053469692625274836
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete oleh Home PAGES POSTS View All Rekomendasi buat Kamu LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow KONTEN SANGAT BERGUNA Bagikan Konten ini, Baru Anda bisa Lihat Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy