Auto Height Logo

Cara Tahu eKTP Asli atau Palsu

eKTP atau KTP elektronik adalah sistem dokumen untuk menunjukkan identitas yang diberikan pemerintah. Program ini akan didukung dengan infor...

eKTP atau KTP elektronik adalah sistem dokumen untuk menunjukkan identitas yang diberikan pemerintah. Program ini akan didukung dengan informasi yang sesuai dengan keputusan dari Kemendagri dengan tujuan agar tidak ada warga negara yang menggunakan dua KTP atau dikenal dengan KTP ganda meskipun nanti warga negara tersebut berpindah domisili.
gambar eKTP Asli, cara mengetahui keaslian eKTP
Gambar eKTP
Dengan menerapkan 1 KTP dengan 1 NIK pada setiap orang maka ini akan mencegah kemungkinan untuk tindakan yang dilarang hukum. Sebab identitas si pelaku nantinya akan mudah dikenali.

Program ini dilakukan secara ‘cicilan’ oleh pemerintah. Telah dimulai sejak tahun 2003, maka berikutnya dari waktu ke waktu diusahakan semua rakyat Indonesia telah memiliki KTP elektronik alias eKTP.

Namun, beberapa pihak ada yang memanfaatkan kesempatan ini sebagai lahan bisnis. Masih saja ada oknum tertentu yang menggunakan ini untuk membuat eKTP palsu. Sebab untuk dokumen ini dibutuhkan ketika inLiners melakukan beberapa hal dalam kehidupan sehari-hari, contohnya ketika inLiners membuka rekening tabungan di bank.

Untuk itu inLiners harus tahu bagaimana cara membedakan eKTP asli dan eKTP palsu. Cara membedakan eKTP asli dan palsu tersebut adalah.

Cek Website Dinas Terkait

Cara ini dilakukan dengan mengunjungi website resmi pemerintah yang terkait untuk tingkat kabupaten atau kota. Contohnya adalah website resmi direktorat jendral kependudukan dan pencatatan sipil (Dirjen Capil). DI sana inLiners akan menemukan status eKTP. Untuk mengecek ke aslian eKTP, inLiners tinggal memasukkan nomor induk kependudukan inLiners atau nomor KTP yang inLiners punya. Kemudian akan muncul data inLiners. Jika data inLiners tersebut benar maka eKTP inLiners tersebut asli.

Menggunakan card-reader eKTP

Hal ini bisa dilakukan dengan bantuan laptop atau komputer. Chip yang tertanama dalam eKTP akan dibaca oleh card reader tersebut. Tetapi card reader ini Cuma dimiliki oleh dinas dinas tertentu saja. Mungkin saja inLiners punya teman yang bekerja di dinas catatan sipil? Bisa minta tolong sama mereka atau bisa langsung mendatangi kantor dinas catatan sipil terdekat.

Melihat Nomor Induk Kependudukan

Cara berikutnya adalah dengan melihat nomor induk kependudukan yang ada pada eKTP. Mungkin inilah cara yang bisa dilakukan sendiri. Sebelumnya inLiners harus tahu arti NIK pada KTP ini agar mudah mengetahui apakah KTP inLiners asli atau tidak.

Nomor Induk Kependudukan adalah nomor identitas unik yang dimiliki seseorang. Hanya 1 orang yang memiliki satu nomor tersebut. inLiners bisa melihat nomor tersebut di bagian utama KTP inLiners. Nomor tersebut terdiri dari 16 digit angka.

Sekarang untuk mengetahui eKTP inLiners asli atau tidak, inLiners cukup mengetahui arti nomor tersebut. Berikut arti nomor eKTP inLiners, silahkan di cocokkan.

NIK atau nomor Induk Kependudukan terdiri dari 16 digit angka. Kita misalkan nomor eKTP inLiners:
PQRSTUMMYYXXXX
  1. PQ =kode provinsi 
  2. RS = kode Kota/Kabupaten
  3. TU = kode Kecamatan
  4. DD = tanggal lahir
  5. MM = bulan lahir
  6. YY= tahun lahir
  7. 9999= Nomor Kependudukan.
Ada beberapa hal yang harus inLiner tahu. Untuk 6 digit awal merupakan info wilayah inLiners. inLiners bisa mencocokkan dengan eKTP tetangga/anggota keluarga lain. Jika tidak cocok, ini pasti KTP abal-abal yang mana dibuat dengan nomor asal-asalan. Atau inLiners bisa lihat kode provinsi, kota, kabupaten dan kecamatan Indonesia di alamat ini : http://pendis.kemenag.go.id/index.php?a=artikel&id2=kodeprovkabkota

Untuk jenis kelamin perempuan, tanggal lahir tidak tertera tanggal lahir sebenarnya. Tanggal lahir inLiners akan ditambah dengan 40. Jadi pada eKTP perempuan maka DD = tanggal lahir +40.

Nah itulah cara untuk mengecek apakah eKTP inLiners asli atau palsu. Sekarang silahkan ambil eKTP inLiners dan cek sendiri eKTPnya. Baca juga : Biaya dan Cara Pembuatan e-Paspor (Paspor Elektronik).

Komentar Kamu

   

Loading...

Nama

android,2,asuransi,2,balikpapan,1,Bandung,36,Bank,15,biografi,29,bisnis,15,bisnis.,1,DAMRI,26,Deposito,2,edukasi,81,Fashion,15,Financial,59,game,3,harga emas antam,14,Hiburan,97,investasi,4,Jakarta,46,Karir,26,Kenapa oh Kenapa,20,Kredit,3,Kuliner,58,Lampung,8,Lifestyle,104,Love,33,Lowongan Kerja,15,not lagu,68,opini,1,properti,5,Resep,24,Sehat,103,Singapore,3,smartphone,4,sport,20,Table Manner,8,Teknologi,42,visa jerman,3,visa korea,2,visa perancis,4,visa us,5,Wisata,141,
ltr
item
inLine: Cara Tahu eKTP Asli atau Palsu
Cara Tahu eKTP Asli atau Palsu
https://3.bp.blogspot.com/-HFGlOllrY28/WIoqFNKDDtI/AAAAAAAAEgk/lvSWs-V0S3geR5Wf5q7B7DzXo8npfFxLQCLcB/s400/obligasi.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-HFGlOllrY28/WIoqFNKDDtI/AAAAAAAAEgk/lvSWs-V0S3geR5Wf5q7B7DzXo8npfFxLQCLcB/s72-c/obligasi.jpg
inLine
http://www.inotesweb.com/2017/02/cara-tahu-ektp-asli-atau-palsu.html
http://www.inotesweb.com/
http://www.inotesweb.com/
http://www.inotesweb.com/2017/02/cara-tahu-ektp-asli-atau-palsu.html
true
5053469692625274836
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete oleh Home PAGES POSTS View All Rekomendasi buat Kamu LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow KONTEN SANGAT BERGUNA Bagikan Konten ini, Baru Anda bisa Lihat Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy