Auto Height Logo

Makanan Khas Tanah Melayu

Bangsa dan Tanah Melayu merupakan bagian penting dalam kesatuan Indonesia. Budaya yang kuat dari Melayu adalah cerminan Nusantara bagian B...

kuliner melayu, kuliner riau
Bangsa dan Tanah Melayu merupakan bagian penting dalam kesatuan Indonesia. Budaya yang kuat dari Melayu adalah cerminan Nusantara bagian Barat. Lihat saja, bahasa Indonesia yang banyak berkiblat pada bahasa Melayu. Pusat Melayu sendiri sekarang banyak berada di Riau dan Deli.

Berbicara tentang makanan khas atau kuliner, Tanah Melayu juga menjadi surga dunia wajib di cicipi. Jika inLiners ke tanah Melayu, jangan lupa untuk mencoba beberapa kuliner di bawah ini.

1) Lempuk Durian. Sangat mudah ditemui di daerah Riau dan Sumatera lainnya. Lebih jelasnya makanan ini seperti dodol. Jika inLiners berada di Bengkalis, ini akan menjadi simbol besar kabupaten Bengkalis dan wajib di bawa untuk oleh-oleh.

2) Bolu Kemojo. Bolu Kemojo dikenal populer di daerah Pekanbaru. Mampir ke Pekanbaru, Jangan tinggalkan kota tersebut tanpa Bolu Kemojo.

3) Roti Jala. Dilengkapi dengan kari kambing saat di sajikan, tak lupa acar nanas. Akan membuat inLiners jatuh cinta dengan makanan ini. Konon katanya roti Jala ini merupakan makanan asal India dan berkembang baik di Melayu.

4) Roti Canai. Juga berasa dari India. Sajian Roti canai berupa roti pipih-bundar dan tersaji dengan kuah kari. Cocok dimakan kapan saja. Di Singapura Roti Canai ini lebih dikenal dengan nama Roti Pratha.

5) Es Laksamana Mengamuk. Es unik ini berbahan dasar kuini (sejenis mangga) yang ditambah dengan santan dan gula merah. Ada kisah unik mengenai asal usul nama es laksmana Mengamuk ini. Di suatu jaman, seorang laksmana mengamuk karna istri beliau dibawa kabur seorang yang mempunyai kebon kuini. Karena marah, sang Laksamana menghancurkan kebun kuini dengan memotong semua batang kuini. Hasilnya, penduduk sekitar waktu itu mengambil kuini-kuini tersebut dan mengolah-nya menjadi es. Tara... itulah es laksamana mengamuk.

6) Asidah. Panganan kue yang manis dan bertekstur lembut. Kue ini dibuat darirempah seperti pandan, cengkeh dan kayu manis. Wanginnya sangat ruarrrr biasah.

7) Es Air Mata Pengantin. Campuran Blewah, Biji Selasih dan Nata de Coco. Tak lupa dengan warna merah/hijau es ini sungguh elok dipandang. Dipandang saja bagus apalagi dinikmati, seger bener.

8) Ikan Salai. Ikan Salai di buat dengan cara pengeringan dan pengasapan ikan. Biasanya dibuat dari ikan ikan di sungai daerah Riau. Ikan Salai dibuat dengan tujuan pengawetan secara alami, tapi dan ternyata cita rasa ikannya jadi khas juga.

9) Kue Bangkit. Kue Bangkit? Rasa kur ini manis, lumer dan lembut kalau dinikmati. Dinamakan kue Bangkit, karena setelah dimasak kue ini besarnya 2x adonan. Karena kue ini jadi besar dari adonan makanya dinamakan kue bangkit.

Yaps, itulah beberapa makanan khas dari daerah Melayu. Jika inLiners ke wilayah Melayu, wajib di bawa untuk oleh-oleh ya. Kepoin Juga Makanan Khas Medan Kuliner Enak.

Komentar Kamu

   

Loading...

Nama

android,1,asuransi,2,balikpapan,1,Bandung,35,Bank,15,biografi,29,bisnis,17,bus,10,cpns,2,DAMRI,25,Deposito,2,edukasi,81,Fashion,15,Financial,59,game,1,harga emas antam,14,Hiburan,97,investasi,4,Jakarta,45,Karir,28,Kenapa oh Kenapa,20,Kredit,3,Kuliner,58,Lampung,4,Lifestyle,108,Love,28,Lowongan Kerja,9,not lagu,70,opini,1,properti,5,Resep,24,Sehat,102,Singapore,3,smartphone,4,sport,20,Table Manner,8,Teknologi,41,visa jerman,3,visa korea,2,visa perancis,4,visa us,5,Wisata,141,
ltr
item
inLine: Makanan Khas Tanah Melayu
Makanan Khas Tanah Melayu
https://3.bp.blogspot.com/-C11a2jhJ9aE/WH1aZITnpwI/AAAAAAAAEV8/fEt6QMgFIlcXjdeANPxe7JZvzQAvDCrHgCLcB/s640/kuliner%2Bmelayu.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-C11a2jhJ9aE/WH1aZITnpwI/AAAAAAAAEV8/fEt6QMgFIlcXjdeANPxe7JZvzQAvDCrHgCLcB/s72-c/kuliner%2Bmelayu.jpg
inLine
http://www.inotesweb.com/2017/01/makanan-khas-tanah-melayu.html
http://www.inotesweb.com/
http://www.inotesweb.com/
http://www.inotesweb.com/2017/01/makanan-khas-tanah-melayu.html
true
5053469692625274836
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete oleh Home PAGES POSTS View All Rekomendasi buat Kamu LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow KONTEN SANGAT BERGUNA Bagikan Konten ini, Baru Anda bisa Lihat Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy