Auto Height Logo

Handphone, Tab, Laptop Terkena Air, Ini Cara Mengatasinya

“Aduh, Handphone-ku kecemplung ke air.”,“Gawat, Laptopku ketumpahan air minum di tas.”, “Bahaya, Tab-ku jatuh ke kolam.” Hal-hal ini bia...

“Aduh, Handphone-ku kecemplung ke air.”,“Gawat, Laptopku ketumpahan air minum di tas.”, “Bahaya, Tab-ku jatuh ke kolam.”

Hal-hal ini biasa terjadi dalam keseharian, alat elektronik milik kita terkena atau bahkan tenggelam dalam air. Lalu, biasanya kita akan panik khawatir akan rusak ketika itu terjadi, apalagi sudah tidak ada garansi dari produsen produk tersebut.

Sebenarnya, ketika perangkat Anda terkena air, Anda dapat memberikan pertolongan pertama kepada perangkat tanpa harus datang ke tempat perbaikan alat elektronik. Kondisi ini bisa diantisipasi terlebih dahulu. Lalu, apa yang mesti Anda lakukan sebagai langkah antisipasinya?

Berikut ini beberapa langkah yang dapat dilakukan ketika hal tersebut terjadi pada alat elektronik kesayangan Anda.

Jangan Panik!. Panik adalah satu-satunya hal yang kita lakukan ketika kita tidak tahu harus berbuat apa. Maka tenanglah, karena kepanikan hanya akan membuat keadaan lebih buruk. Lebih baik Anda memikirkan cara terbaik untuk mengatasi keadaan, atasi kepanikan Anda baru Anda dapat mengatasi keadaan.

Jangan nyalakan alat elekronik Anda. Alat elektronik yang baru terkena air memiliki kemungkinan masih adanya air yang terjebak di dalam perangkat Anda. Oleh karenanya, begitu perangkat dinyalakan, air yang terjebak itu berpotensi mengakibatkan korsleting dalam hubungan arus listrik di dalam perangkat Anda.

Lepaskan Baterai alat elektronik Anda. 
Ini penting, Memutus aliran listrik merupakan yang utama ketika perangkat Anda terkena air. Lalu dengan melepaskan baterai sebagai sumber energi perangkat jelas akan mencegah korsleting di dalam perangkat Anda. Jika perangkat Anda tidak menggunakan beterai yang dapat dilepaskan (non-removeable battery), pencegahan cukup dengan tidak menyalakan perangkat Anda.

Jangan gunakan pengering rambut (hair-dryer) atau kipas.Setelah memutus arus listrik, pertolongan berikutnya yakni mengeringkan bagian dalam perangkat Anda. Proses mengeringkan ini biasa ada yang menyarankan untuk menggunakan kipas atau pengering rambut, jangan pernah mengeringkan dengan kedua alat tersebut. Mengapa? Karena air yang berada di dalam bukannya menguap, ia malah akan bergerak terdorong lebih dalam oleh alat yang Anda gunakan. Akibatnya, air bukannya hilang tapi malah berpotensi mengakibatkan kerusakan lebih parah.

Bongkar set perangkat Anda. Membongkar set perangkat Anda adalah cara terbaik dalam mengeringkan perangkat Anda. Bagaimana cara membongkarnya? Anda hanya membutuhkan dua hal, peralatan dalam hal ini obeng yang sesuai dan video tutorial membuka perangkat yang dapat Anda lihat di Youtube. Setelah terbuka, keringkan perangkat Anda dengan lap kering, tisu atau bahan yang mudah menyerap air. Jangan gosokan lap dengan motherboard perangkat, biarkan air menyerap pada lap yang digunakan.

Dengan membongkar set perangkat Anda, Anda dapat mencoba menyalakan perangkat Anda dalam keadaan terbuka untuk melihat seberapa jauh kerusakan yang terjadi. Jika sudah dipastikan berjalan baik, tutup kembali perangkat Anda seperti semula.
Jemurlah alat elektronik Anda

Anda tidak pada waktu tempat atau kepercayaan diri yang cukup untuk membongkar perangkat Anda. Jika demikian, terdapat beberapa pilihan yang dapat Anda lakukan. Jemurlah perangkat Anda di tempat yang memang terkena sinar matahari langsung. Ini supaya air yang berada di dalam perangkat menguap.
Masukan dalam penyimpanan beras

Pilihan lain, masukan perangkat Anda dalam tempat Anda biasa menyimpan beras, biarkan tertumpuk selama beberapa waktu. Mengapa tumpukan beras? Karena beras dapat menyerap air yang ada di dalam perangkat. Tidak perlu khawatir beras akan masuk jauh ke dalam perangkat, karena lebih mudah mengeluarkan beras daripada air dari perangkat.

Langkah-langkah di atas merupakan cara termudah mengantisipasi alat elektronik yang terkena air. Jika perangkat Anda masih tidak menyala, artinya terjadi korsleting atau kerusakan pada bagian-bagian tertentu. Kalau hal itu terjadi, hubungi tempat perbaikan yang Anda percaya. Lebih jauh daripada itu, selamat mencoba! Semoga berhasil! ( sumber : itstekno.web.id)

Komentar Kamu

   

Loading...

Nama

android,2,asuransi,2,balikpapan,1,Bandung,36,Bank,15,biografi,29,bisnis,15,bisnis.,1,DAMRI,26,Deposito,2,edukasi,81,Fashion,15,Financial,59,game,3,harga emas antam,14,Hiburan,97,investasi,4,Jakarta,46,Karir,26,Kenapa oh Kenapa,20,Kredit,3,Kuliner,58,Lampung,8,Lifestyle,104,Love,33,Lowongan Kerja,15,not lagu,68,opini,1,properti,5,Resep,24,Sehat,103,Singapore,3,smartphone,4,sport,20,Table Manner,8,Teknologi,42,visa jerman,3,visa korea,2,visa perancis,4,visa us,5,Wisata,141,
ltr
item
inLine: Handphone, Tab, Laptop Terkena Air, Ini Cara Mengatasinya
Handphone, Tab, Laptop Terkena Air, Ini Cara Mengatasinya
https://4.bp.blogspot.com/-Cob37aFPDjs/WGqPJspeQxI/AAAAAAAAAHo/9fyNymxOh-oqa40l82bPZuS_z5KIl-jLgCLcB/s400/wisata%2Bdi.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-Cob37aFPDjs/WGqPJspeQxI/AAAAAAAAAHo/9fyNymxOh-oqa40l82bPZuS_z5KIl-jLgCLcB/s72-c/wisata%2Bdi.jpg
inLine
http://www.inotesweb.com/2017/01/handphone-tab-laptop-terkena-air-ini.html
http://www.inotesweb.com/
http://www.inotesweb.com/
http://www.inotesweb.com/2017/01/handphone-tab-laptop-terkena-air-ini.html
true
5053469692625274836
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete oleh Home PAGES POSTS View All Rekomendasi buat Kamu LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow KONTEN SANGAT BERGUNA Bagikan Konten ini, Baru Anda bisa Lihat Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy