Auto Height Logo

Tata Cara Makan atau Table Manner Internasional

Pengertian table manner atau tata cara makan adalah etiket dan aturan yang berlaku ketika makan. Semua mencakup bagaimana bersikap, urutan m...

Pengertian table manner atau tata cara makan adalah etiket dan aturan yang berlaku ketika makan. Semua mencakup bagaimana bersikap, urutan makan dan penggunaan peralatan. Untuk masing-masing wilayah atau negara memiliki table manner tersendiri.

Mungkin ketika inLiners berkunjung ke Jepang lalu berkunjung ke Amerika, masing-masing memiliki tata cara makan tersendiri. Ada beberapa hal yang boleh dilakukan disebuah negara, namun di negara lain hal tersebut terlarang. Kembai pada budaya masing-masing daerah tersebut. Walaupun bagaimanapun secara menjadi tamu artinya inLiners harus mengikuti tata cara yang berlaku menurut si tuan rumah.

Namun secara umum ada beberapa hal yang berlaku mutlak untuk tata cara makan. Beberapa hal yang mungkin bisa dibilang sama tersebut adalah.

Sopan Santun di Meja Makan

Sopan santun inLiners di meja makan merupakan cerminan kualitas diri inLiners. Orang akan bisa menilai bagaimana pergaulan inLiners, tingkat intelektual inLiners dan bagaimana etika inLiners. Hal tersebut bukan hal alami yang datang begitu saja.

Butuh penanaman dan belajar serta membiasakan. Dengan kebiasaan yang baik akan menunjukkan etika yang baik. Di sinilah orang-orang akan menilai inLiners. Dengan kemampuan beretika sesuai dimana inLiners berada, disini tergambar intelektual dan pengetahuan yang inLiners miliki.

Dasar Table Manner dan Etika Makan

Meskipun di masing-masing negara memiliki aturan tata cara makan yang berbeda. Tetapi ada beberapa fondasi atau dasar yang berlaku secara umum di seluruh negara. Contohnya:
  1. Menutup mulut saat mengunyah dan tidak menghasilkan bunyi ketika mengunyah
  2. bila berbicara, usahakan dengan suara yang rendah. Tetapi sebaiknya hindari berbicara ketika dalam acara makan formal
  3. menutup mulut saat bersin atau batuk
  4. Bila makan di atas kursi, dilarang untuk bersandar pada kursi
  5. Tidak mempermainkan makanan dengan sendok, garpu ataupun sumpit. Jika dilakukan ini dianggap sebagai bentuk penghinaan terhadap tuan rumah.
  6. Tidak bersedekap di meja makan atau melipat tangan di atas meja makan
  7. Bila melihat orang yang tidak memiliki etika makan, jangan beritahu atau menegur ketika sedang makan
  8. Tidak menatap tamu lain/ tuan rumah ketika makan
  9. Meminta izin jika ingin meninggalkan meja makan
  10. Tidak menimbulkan bunyi ketika makan sup. Kecuali di Jepang, saat makan mie. Diperbolehkan menyeruput kuah dengan suara.
  11. Garpu berada di kiri dan pisau dikanan di atas piring ketika selesai makan. Posisi bagian tajam pisau mengarah ke dalam.
  12. Jangan mengelap ingus dengan lap tangan yang disiapkan. Lap tersebut hanya untuk mengelap mulut.
  13. Jika ingin minum, maka telan dulu semua makanan baru diperbolehkan minum. 
  14. Gunakan tusuk gigi untuk makanan yang menyangkut, jangan gunakan tangan inLiners ya
  15. Sebisa mungkin cicipi semua makanan yang dihidangkan, ini sebagai bentuk penghormatan pada tuan rumah
  16. Jika orang sebelah memiliki gelas yang sudah kosong tawarkan diri untuk mengisinya. Ini bagian dari basa basi. Bahkan untuk di Korea, akan janggal jika inLiners mengisi minuman sendiri di gelas sendiri.
  17. Jangan menambahkan garam atau merica setelah inLiners mencicipi makanan. Jadi jangan seperti makan bakso ya, habis dicicip eh rasa kurang pedas di tambahin sambel. Untuk jamuan makan formal ini dilarang.
Sebelum duduk, tariklah kursi keluar dari bagian meja dengan kedua tangan. Jangan gunakan satu tangan. Kemudian taruh serbet di pangkuan inLiners. 

Untuk acara formal biasanya akan ada tiga menu yang dihidangkan.
Appetizer atau Hidangan Pembuka. Biasanya akan dihidangkan berupa roti. Jika roti inLiners bisa makan dengan tangan. Selanjutnya bila sup, aduk sup dengan perlahan. Selain di Jepang, Cina dan Korea sup tidak boleh di angkat. Biarkan tetap di meja. inLiners tidak boleh meniup-niup sup apabila masih panas.
Jika Appetizer berupa Salad. Maka gunakan garpu dan pisau. Apabila terdapat lebih dari satu peralatan makan maka gunakan yang paling kecil. Setelah selesai lap mulut inLiners. Ketika mengelap mulut gunakan dua tangan, jangan menyeka dengan satu tangan.

Main Course atau Hidangan Utama. Ini adalah menu utama, inti dari acara makan. Untuk jamuan Internasional menu yang akan dihidangkan adalah steak. inLiners haru baca cara makan steak yang benar di Eropa dan Amerika pada artikel terkait : Cara Makan Steak Eropa dan Amerika.

Dessert atau Hidangan Penutup. Hidangan penutup biasanya berupa eskrim, jus atau cocktail. Selesai hidangan utama, beri waktu barang sebentar sebelum menyantap hidangan penutup. Bila menu dessert dilengkapi dengan hiasan, inLiners bisa memakan hiasannya terlebih dahulu atau memakan hiasannya belakangan. Makanlah dessert dengan santai.

Posisi Peralatan Makan Jamuan Internasional

table manner internasional

A. Serbet ;  B. Piring utama ; C. Mangkok sop D. Piring roti dan mentega dengan pisau roti ; E. Gelas air ;  F. Anggur putih ; G. Anggur merah ;  H. Garpu ikan ; I. Garpu utama ; J. Garpu salad ; K. Pisau utama ; L. Pisau ikan ;  M. Sendok sup ; N. Sendok  dessert.

Untuk makanan jenis roti dan muffin, inLiners bisa menggunakan tangan. Selain itu beberapa makanan lain seperti kepiting, lobster, tiram, buah zaitun juga boleh menggunakan tangan.

Etika Membuang Makanan di Mulut

Serpihan buah zaitun dibuang ke telapak tangan terlebih dahulu sebelum ke piring. Jangan dari mulut langsung ke piring. Berikutnya tulang ayam dibuang di atas garpu terlebih dahulu. Setelah itu baru di taruh di piring. Untuk tulang ikan, bisa dibuang di tangan lalu ke piring.

Jika ada makanan yang tidak disukai dan termakan. Untuk membuang gunakan serbet. Jangan sampai orang lain mengetahui.

Cara Minum pada Table Manner Internasional

Ketika dihidangkan cangkir dengan teh atau kopi biasanya disertai dengan tatakan. Sendok akan disertakan dengan posisi menghadap ke bawah. Ketika henda minum keluarkan sendok terlebih dahulu dari cangkir.

Bila minuman tumpah, pertama coba minta tatakan baru. Jika tidak tersedia, inLiners bisa membersihkan dengan serbet atau tisu.

Ketika disuguhkan anggur. Harap perhatikan, anggur merah dipegang pada bagian kaki gelas. Sementara untuk anggur putih dipegang pada bagian bada gelas. Hiasan pada gelas minuman seperti buah boleh ditepikan jika tidak mau dimakan. Lebih jelas mengenai anggur ini bisa dibaca : Bentuk Bentuk Gelas Wine dan Penyajiannya

Untuk minuman panas, inLiners jangan sesekali meniup. Bersabarlah hingga minuman tersebut menjadi lebih dingin.

Komentar Kamu

   

Loading...

Nama

android,2,asuransi,2,balikpapan,1,Bandung,36,Bank,15,biografi,29,bisnis,15,bisnis.,1,DAMRI,26,Deposito,2,edukasi,79,Fashion,15,Financial,59,game,3,harga emas antam,14,Hiburan,96,investasi,4,Jakarta,46,Karir,26,Kenapa oh Kenapa,20,Kredit,3,Kuliner,58,Lampung,8,Lifestyle,102,Love,33,Lowongan Kerja,14,not lagu,68,opini,1,properti,4,Resep,24,Sehat,101,Singapore,3,smartphone,4,sport,20,Table Manner,8,Teknologi,42,visa jerman,3,visa korea,2,visa perancis,4,visa us,5,Wisata,141,
ltr
item
inLine: Tata Cara Makan atau Table Manner Internasional
Tata Cara Makan atau Table Manner Internasional
https://1.bp.blogspot.com/-4HNJR2v7Ob0/U-1xN8qUowI/AAAAAAAAAB8/7T3f1xPhfWg/s400/Tata%2BCara%2BMakan%2BTable%2BManner.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-4HNJR2v7Ob0/U-1xN8qUowI/AAAAAAAAAB8/7T3f1xPhfWg/s72-c/Tata%2BCara%2BMakan%2BTable%2BManner.jpg
inLine
http://www.inotesweb.com/2016/12/tata-cara-makan-atau-table-manner.html
http://www.inotesweb.com/
http://www.inotesweb.com/
http://www.inotesweb.com/2016/12/tata-cara-makan-atau-table-manner.html
true
5053469692625274836
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete oleh Home PAGES POSTS View All Rekomendasi buat Kamu LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow KONTEN SANGAT BERGUNA Bagikan Konten ini, Baru Anda bisa Lihat Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy