Auto Height Logo

Mengenal Teluk Benoa, Dilema Wisata Alam dan Reklamasi

Sebuah teluk yang berada di Bali, itulah Teluk Benoa. Lebih detail, teluk Benoa berlokasi di kabupaten Badung, Bali. Teluk Benoa ini dikenal...

Sebuah teluk yang berada di Bali, itulah Teluk Benoa. Lebih detail, teluk Benoa berlokasi di kabupaten Badung, Bali. Teluk Benoa ini dikenal sangat ‘cantik’ sehingga kemolekan teluk ini akan memukau mata para pengunjung di pulau dewa ini.
wisata teluk benoa bali reklamasi
Rancangan Reklamasi Teluk Benoa
Karena keindahan teluk Benoa, teluk ini pernah menjadi objek untuk reklamasi. Namun, ini mengundang pro dan kontra. Pihak pelestari alam menyatakan reklamasi teluk Benoa akan merusak alam keindahn teluk Benoa. Sementara dengan kondisi alami yang ada sekarang, teluk Benoa telah menjadi ‘ gantungan’ hidup bagi penduduk sekitar teluk Benoa.
Terlepas dari keindahan yang bisa dideskripsikan di teluk Benoa ini. Ada Beberapa hal yang harus inLiners tahun tentang teluk Benoa. Yuk, kita mengenal teluk Benoa lebih dekat.

1. Teluk Benoa dalam Wacana Reklamasi

Apa itu reklamasi? Mungkin sebagian inLiners sering mendengar kata-kata Reklamasi, tetapi tidak tahu artinya. Reklamasi adalah proses pembuatan pulau buatan dengan menimbun laut. Salah satu proyek yang direncanakan adalah reklamasi teluk Benoa. Tujuannya agar lebih populer secara luas.

Namun rencana reklamasi Teluk Benoa mengundang berbagai pro dan kontra. Reklamasi direncanakan akan membuat lengkap struktur wisata dengan kelengkapan budaya masyarakat, namun ada pihak yang berpendapat lain dan menolaknya. Kenapa mereka menolak reklamasi di teluk Benoa?

2. Kenapa ada yang menolak reklamasi di teluk Benoa?

Reklamasi yang dilakukan diperkirakan akan merusak tatanan ekosistem yang ada di teluk Benoa. Meskipun telah diiming-imingi dengan pulau buatan dan tetap mempertahankan budaya lokal. Tapi ini adalah ancaman jangka panjang.

Kerusakan ekosistem termasuk akan banyaknya produksi sampah dari wisata modern pulau buatan adalah alasan banyak masyarakat menolak. Alasan ini termasuk alasan logis yang harus dipertimbangkan.

3. Teluk Benoa adalah Pusat Adat dan Budaya Masyarakat Lokal

Di teluk Beno juga sering dilakukan sejenis upacara adat/kepercayaan. Seperti ada persembahan sesajen ke laut.

Kebiasaan tersebut menjadi salah satu magnet wisata bagi para pelancong internasional. Kebersatuan dengan alam ditengah kemajuan era modern adalah tontonan langka yang menghibur.Terkait : 

4. Hutan Mangrove, Protector Bali dari Abrasi

Adanya hutan Mangrove di teluk ini menjadi sistem pertahanan dari serangan air laut. Abrasi yang terjadi bisa ditanggulangi dengan Hutan Mangrove ini.

Alamiahnya, hutan Mangrove ini bisa disebut sebagai ‘dewa pelindung’ bencana di Bali. Oleh sebab ini pulalah banyak yang menolak reklamasi teluk Benoa.

5. Terumbu Karang di Teluk Benoa

Daya tarik terumbu karang di teluk Benoa ini sangat mempesona. Ini menjadi alasan banyak para pelancong melakuakan aktifitas selam seperti snorkeling dan diving di tempat satu ini.

Mempertahankan warisan alam untuk dinikmati secara alami. Mungkin bisa jadi alasan kuat untuk menolak reklamasi di teluk Benoa. Bayangkan teluk ini jika telah dipenuhi pulau pulau buatan. Dimana lagi akan ditemukan kegiatan diving dan snorkling seindah ini?

6. Wisata Keliling teluk Benoa dengan perahu

Bila inLiners datang ke teluk Benoa. inLiners bisa menikmati kegiatan mengelilingi teluk Benoa dengan perahu sewaan. Tamparan segarny angin, hamparan biru air akan menenangkan jiwa inLiners.

Keberlangsungan alam yang ini menjadi harus dipertahankan. Wisata bahari nan alami di negara Maritim, Indonesia.

7. Teluk Benoa, rumah Ikan dan Hewan laut

Hal penting lainnya adalah mengenai rumah makhluk hidup lain. Seperti ikan dan hewan laut lainnya. Banyak binatang laut yang menjadikan Teluk Benoa sebagai kampung mereka, dengan keterjagaan ekosistem yang ada, tentu ini adalah kenyamanan bagi mereka.

Tentu dengan kelengkapan keindahan yang dimiliki teluk Benoa ini, sudah selayaknya ini menjadi ikon Bali terbaru dalam wisata. Menjadi tempat manusia untuk ‘kembali-pulang’ pada alam. Tidak dengan pulau-pulau buatan manusia. Terkait : Wisata Ke Pantai Buatan Terbaik Dunia.

Komentar Kamu

   

Loading...

Nama

android,1,asuransi,2,balikpapan,1,Bandung,35,Bank,15,biografi,29,bisnis,17,bus,10,cpns,2,DAMRI,25,Deposito,2,edukasi,81,Fashion,15,Financial,59,game,1,harga emas antam,14,Hiburan,97,investasi,4,Jakarta,45,Karir,28,Kenapa oh Kenapa,20,Kredit,3,Kuliner,58,Lampung,4,Lifestyle,108,Love,28,Lowongan Kerja,9,not lagu,70,opini,1,properti,5,Resep,24,Sehat,102,Singapore,3,smartphone,4,sport,20,Table Manner,8,Teknologi,41,visa jerman,3,visa korea,2,visa perancis,4,visa us,5,Wisata,141,
ltr
item
inLine: Mengenal Teluk Benoa, Dilema Wisata Alam dan Reklamasi
Mengenal Teluk Benoa, Dilema Wisata Alam dan Reklamasi
https://2.bp.blogspot.com/-nbKv2_6oNVs/WGLiHvfyw4I/AAAAAAAAAWY/bR8v8Qbe_KoiaiNZ0_U27OiDxdDVzta-gCLcB/s400/rencana%2Breklamasi%2Bteluk%2Bbenoa.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-nbKv2_6oNVs/WGLiHvfyw4I/AAAAAAAAAWY/bR8v8Qbe_KoiaiNZ0_U27OiDxdDVzta-gCLcB/s72-c/rencana%2Breklamasi%2Bteluk%2Bbenoa.jpg
inLine
http://www.inotesweb.com/2016/12/mengenal-teluk-benoa-dilema-wisata-alam.html
http://www.inotesweb.com/
http://www.inotesweb.com/
http://www.inotesweb.com/2016/12/mengenal-teluk-benoa-dilema-wisata-alam.html
true
5053469692625274836
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete oleh Home PAGES POSTS View All Rekomendasi buat Kamu LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow KONTEN SANGAT BERGUNA Bagikan Konten ini, Baru Anda bisa Lihat Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy