Auto Height Logo

Tata Cara Makan, Table Manner di Korea Selatan

Bagi inLiners yang ingin berkunjung ke Korea Selatan, setidaknya harus tahu bagaimana cara makan di Korea Selatan ini. Masing masing negara...

Bagi inLiners yang ingin berkunjung ke Korea Selatan, setidaknya harus tahu bagaimana cara makan di Korea Selatan ini. Masing masing negara memiliki cara makan atau table manner tersendiri. Tak terkecuali di negeri gingseng ini.
Pada acara formal, yang pertama harus diketahui adalah pengambilan makanan dari hidangan dilakukan oleh orang yang lebih tua. Ini sebagai bentuk penghormatan pada orang yang lebih tua.
Tata Cara Makan di Korea, table manner korea

Ketika dihidangkan makanan yang harus dimasak/dipanaskan  sebelum di santap maka untuk melakukan hal tersebut dilakukan oleh orang yang lebih muda. Kecuali anak-anak ya. Begitu juga dengan menuangkan minuman, minuman dituangkan oleh yang lebih muda. Urutan dimulai dari orang yang lebih tua dulu dituangkan minuman ke gelasnya. Kesimpulannya yang muda harus melayani yang tua dalam hal ini.

Pada jamuan biasanya akan ditaruh mangkok sup di bagian kanan. Kemudian mangkok nasi pada bagian kiri. Namun bisa juga sup disajikan pada wadah besar ditengah hidangan. Di sini inLiners bisa mengambil langsung dari wadah tersebut ke piring inLiners. Tapi ingat dahulukan yang lebih tua untuk pengambilan pertama.

Untuk makan akan dilengkapi dengan sumpit dan sendok. Sendok biasanya digunakan untuk makan nasi. Berbeda dengan Cina dan Jepang, menggunakan sumpit untuk makan nasi dianggap kurang sopan.

Lauk diletakkan ditengah hidangan. Ambil lauk yang bisa inLiners jangkau saja. Jangan sampai harus berdiri ketika menjangkau lauk. Tapi sesuai kebiasaan, lauk tersebut biasanya akan digilir jika kapasitas hidangan memang besar. Jadi tenang saja, nanti juga akan dapat bagian.

Di Jepang, nasi dan lauk tidak boleh disuap sekalian. Namun di Korea sama saja dengan di Indonesia. inLiners bisa menaruh lauk dan nasi pada satu sendok dan menyuapnya bersamaan.

Etika yang harus dipahami adalah ketika makan bersama. Setelah mengambil makanan dari hidangan utama ke piring inLiners, inLiners harus menawarkan kepada yang lain terlebih dahulu sebagai basa basi. Baru makanan tersebut diraih dan dimakan. Baca juga - Restoran Korea Halal di Jakarta.

Di lain posisi, ketika menerima tawaran dari orang yang baru saja mengambil makanan dari hidangan. inLiners boleh menolak. Apabila makanan di hidangan utama bersisa sedikit akan lebih sopan jika ditolak. Tapi itulah basa basi ala korea.

Untuk mengambil sup dilarang menggunakan mangkok secara langsung. Ambilah dengan sendok. Kemudian, ketika makan makanan berkuah inLiners juga boleh menyeruput.

Ketika ada acara penutup dengan minum-minum. Maka jangan pernah menuangkan minuman pada gelas sendiri. Biasanya untuk menuangkan akan ditawari oleh orang lain. Begitu juga inLiners jika ada melihat seseorang dengan gelas kosong maka lebih baik tawarkan diri untuk  menuangkan minuman ke gelasnya. Prinsipnya di sini adalah saling melayani. Sebelum minum jangan lupa untuk bersulang terlebih dahulu bersama-sama. Jangan mulai minum secara sendirian. Baca Juga  - Cara Makan Sushi Sesuai Budaya Jepang.

Komentar Kamu

   

Loading...

Nama

android,2,asuransi,2,balikpapan,1,Bandung,36,Bank,15,biografi,29,bisnis,15,bisnis.,1,DAMRI,26,Deposito,2,edukasi,79,Fashion,15,Financial,59,game,3,harga emas antam,14,Hiburan,96,investasi,4,Jakarta,46,Karir,26,Kenapa oh Kenapa,20,Kredit,3,Kuliner,58,Lampung,8,Lifestyle,102,Love,33,Lowongan Kerja,14,not lagu,68,opini,1,properti,4,Resep,24,Sehat,101,Singapore,3,smartphone,4,sport,20,Table Manner,8,Teknologi,42,visa jerman,3,visa korea,2,visa perancis,4,visa us,5,Wisata,141,
ltr
item
inLine: Tata Cara Makan, Table Manner di Korea Selatan
Tata Cara Makan, Table Manner di Korea Selatan
https://1.bp.blogspot.com/-EMyW36MpuRA/U-2yaSmcGVI/AAAAAAAAAC8/7et6n35AgUI/s1600/Tata%2BCara%2BMakan%2Bdi%2BKorea%2BSelatan.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-EMyW36MpuRA/U-2yaSmcGVI/AAAAAAAAAC8/7et6n35AgUI/s72-c/Tata%2BCara%2BMakan%2Bdi%2BKorea%2BSelatan.jpg
inLine
http://www.inotesweb.com/2016/12/cara-makan-di-korea.html
http://www.inotesweb.com/
http://www.inotesweb.com/
http://www.inotesweb.com/2016/12/cara-makan-di-korea.html
true
5053469692625274836
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete oleh Home PAGES POSTS View All Rekomendasi buat Kamu LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow KONTEN SANGAT BERGUNA Bagikan Konten ini, Baru Anda bisa Lihat Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy