Auto Height Logo

Makanan Khas Kuliner Semarang

Berkunjung dan berlibur ke Semarang. Hmm satu hal yang tak boleh terlupakan adalah urusa perut alias berkuliner. Bagi inLiners yang mampir ...

Berkunjung dan berlibur ke Semarang. Hmm satu hal yang tak boleh terlupakan adalah urusa perut alias berkuliner. Bagi inLiners yang mampir di kota Atlas ini bisa menikmati kuliner kuliner khas Semarang di bawah ini.

Lunpia / lumpia

Lumpia adalah makanan yang diisi dengan rebung (bambu muda) , aging ayam / udang serta telur. Dari sejarahnya lumpi ini konon di bawa ke Semarang pada tahun 1930 oleh orang Cina dengan nama Jwa Da Yu. Perpaduan rasa Tiong Hoa dan Indonesia akan menyatu dalam lumpia ini.

Yang paling populer adalah Lumpia gang Lombok atau Warung Si em. inLiners bisa memesan lumpia basah dan lumpia kerng disini. Lumpia kering yaitu lumpia yang telah digoreng. Biasanya untuk menikmati lumpia akan dicelup pada saos yang terbuat dari bawang putih, cabai rawit.

Roti Ganjel 


Nama roti ganjel ini berasal dari bentuknya. Bentuknya seperti ganjalan / bantalan rel kereta makanya dberi nama roti ganjel. inLiners juga akan mengenal nama roti ganjel ini dengan nama kue gambang. Konon roti ini merupakan kuliner yang telah turun temurun sejak jaman penjajahan Belanda.. Bagian atas roti akan ditaburi dengan biji wijen.

Roti ini bisa banyak ditemui di pasar kota Semarang. Namun inLiners juga bisa membuat roti ini sendiri. Resep dan cara memasak roti ganjel bisa dibaca di artikel terkait : Resep dan Cara Membuat Roti Ganjel.

Wedang tahu

Wedang tahu merupakansebuah minuman khas dari Semarang. Dengan aroma jahe dan komposisi kembang tahu, ditambah dengan sari kedelai. Dari riwayanya, Wedang tahu ini berasal dari Cina yang diperkenalkan di Indonesia pada akhir abad ke 19.

Pembuatan wedang tahu berasal dari susu kedelai yang dicampurkan dengan air garam. Kemudia ditambahkan kembang tahu sebagai 'isi' dari wedang tersebut. Jika berkunjung ke Semarang, biasany banyak ditemui penjaja wedang tahu. Minuman ini dinikmati ketika hangat dan cocok diminum untuk menghangatkan tubuh.

Bandeng Presto

Bandeng Presto dari Semarang. Terbuat adri ikan Bandeng dan diberi bumbu bumbu nusantara. Awalnya ini diperkenalkan oleh Hanna Budimulya, seorang dari kota Pati Jawa Tengah

Presto, adalah istilah dalam memasak dengan menggunakan uap air. Jadi ikan dimasak dengan alas daun pisang dan diletakkan dalam panci. Lebih sederhananya hampir mirip di kukus. Dengan demikian semu bagian tulang ikan akan menjadi lunak. Sebagai pelengkap akan disajikan dengan nasi dan terasi.

Tahu Petis 


Tahu petis adalah tahu yan diberi sambel petis. Sambel petis ini berbentuk itam kental yang terbuat dari udang. Sambel tersebut disisipkan pada bagian tahu yang di belah. Rasanya agak asin.

Ketika inLiners berkunjun ke Semarang harus wajib super jangan sampai tidak mencoba tahu petis ini. Namun bagi inLiners yang ingin membuat tahu petis bisa membaca dan praktek membuat tahu petis di artikel terkait : Resep dan Cara Membuat Tahu Petis.

Untuk penyajian juga akan disertai dengan cabe rawit. Sayang sekali, bagi inLiners yang alergi seafood tak bisa menikmati ini. Karena berbahan dasar udang.

Mie Kopyok

Mie kopyok adalah salah satu makanan khas dari kota Semarang. Jika dibandingkan dengan jenis mie lainnya, mie kopyok memiliki  rasa yang berbeda.

Bahan campuran dalam mie kopyok terdapat tauge, lontong, potongan tahu dan karak-gendar. Juga ada bumbu bawang garam yang telah dilarutkan dalam air. Kopyok sendiri adalah  larutan bumbu bawang garam. Biasanya diletakkan dalam botol. Kemudian ketika dikonsumsi bumbu itu dituang  dengan cara di kopyok. 

Kue Moci

Kue Moci dari kota Semarang berbentuk bulat dan kenyal. Kue ini terbuat dari tepung ketan dan kacang sebagai isi. Kemudian ditaburi tepung pada bagian luar. Moci di kota Semarang yang populer adalah Moci Gemini. 

Kue moci Gemini dianggap lebih baik karena rasanya lebih gurih untuk topping juga lebih bervariasi. Sekarang Kue Moci telah dibuat dalam berbagai variasi rasa. Rasa durian sebagai salah satu rasa yang wajib inLiners coba jika ke Semarang.

Tahu Gimbal 

Tak usah ditanya lagi, makanan ini telah begitu populer di Semarang. Gimbal dari nama ini diambil dari salah satu komposisi makanan ini. Gimbal hampir sama dengan bakwan, tetapi diberi tambahan udang. Soal rasa, perpaduan gurih manis dan pedas ada dalam tahu ini.

Dalam penyajian biasanya akan dilengkapi lontong, tauge, tahu dan kol. inLiners bisa menikmati tahu gimbal enak di daerah Simpang Lima dan Taman KB. Tetapi jika ingin membuat sendiri bisa di baca resepnya di artike terkait : Resep dan Cara Membuat Tahu Gimbal asli Semarang.

Wingko Babat

Kue yang terbuat adri beras ketan, kelapa dan beerapa bahan lainnya ; itulah Wingko Babat. Kue ini sangat mudah ditemui dan sering dijajakan di kereta, terminal dan toko toko kue. Biasanya ini menjadi oleh oleh wajib.

Sebenarnya kue ini tidak berasal dari Semarang, melainkan dari Babat, Lamongan Jawa Timur. Namun di Semarang kue ini cukup populer.

Babat gongso

Campuran jeroan seperti hati limpa, paru disatukan dan disajikan dengan bumbu kecap yan kental. Ditambahkan dengan bumbu pedas pasti akan menggugah selera inLiners. Persenyawaan manis dan pedas menyatu melahirkan rasa nikmat yang tak akan terlupakan.

Dari catatan tim inLine Semarang biasanya dijual dengan harga berkisar Rp 25.000,- untuk satu porsi. Sebagai rekomendasi, inLiners bisa temukan di Jalan Pemuda / Samping Jembatan Mberok Semarang sebuah warung Nasi Goreng dengan nama Pak Karmin.

Tahu Pong

Tahu Pong berasal dari kata kopong yang artinya kosong. Biasanya akn digoreng penjual ketika inLiners memesan sebab akan sakan nikmat disantap dengan petis udang dalam keadaan panas.

Harganya cukup murah, sekitar Rp 10.000,- untuk seporsi. inLiners bisa menemukan ini di Simpang Lima atau di Jalan Gajah Mada - seberang Gereja Bethel.

Itula beberapa makanan khas dari Semarang. Pastikan tidak terlupa wisata kuliner di Semarang dengan mencicipi makanan makanan di atas. Jika ada rekomendasi lain yuk ditambahin di kolom komentar.
   

Loading...

Nama

android,2,asuransi,2,balikpapan,1,Bandung,36,Bank,15,biografi,29,bisnis,15,bisnis.,1,DAMRI,26,Deposito,2,edukasi,80,Fashion,15,Financial,59,game,3,harga emas antam,14,Hiburan,96,investasi,4,Jakarta,46,Karir,26,Kenapa oh Kenapa,20,Kredit,3,Kuliner,58,Lampung,8,Lifestyle,102,Love,33,Lowongan Kerja,15,not lagu,68,opini,1,properti,4,Resep,24,Sehat,101,Singapore,3,smartphone,4,sport,20,Table Manner,8,Teknologi,42,visa jerman,3,visa korea,2,visa perancis,4,visa us,5,Wisata,141,
ltr
item
inLine: Makanan Khas Kuliner Semarang
Makanan Khas Kuliner Semarang
https://2.bp.blogspot.com/-FyDWh00gSuE/WAz4s4eU0WI/AAAAAAAADQA/evyc4DnTTn8DLXOehSI9zNqjtSd4ObPAQCLcB/s320/kuliner%2Bsemarang.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-FyDWh00gSuE/WAz4s4eU0WI/AAAAAAAADQA/evyc4DnTTn8DLXOehSI9zNqjtSd4ObPAQCLcB/s72-c/kuliner%2Bsemarang.jpg
inLine
http://www.inotesweb.com/2016/11/makanan-khas-semarang.html
http://www.inotesweb.com/
http://www.inotesweb.com/
http://www.inotesweb.com/2016/11/makanan-khas-semarang.html
true
5053469692625274836
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete oleh Home PAGES POSTS View All Rekomendasi buat Kamu LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow KONTEN SANGAT BERGUNA Bagikan Konten ini, Baru Anda bisa Lihat Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy