Auto Height Logo

Makanan Khas Padang, Minangkabau

Siapa lagi yang meragukan keenakan nasi padang? Bahkan sudah terkenal ipelosok dimanapun manusia berada. Seandainya ada kehidupan di Mars, ...

Siapa lagi yang meragukan keenakan nasi padang? Bahkan sudah terkenal ipelosok dimanapun manusia berada. Seandainya ada kehidupan di Mars, pasti juga sudah dikenal sampai ke sana. Bagitulah gambaran enaknya masakan khas di bumi ranah Minang.

Sejauh ini inLiners mungkin sebagian tahunya cuma rendang sebagai makanan dari Padang. Ternyata banyak lagi kuliner lain yang harus inLiners coba yang tak kalh enaknya. Apa saja makanan tersebut, berikut kuliner dari ranah Minang, padang.

Ikan Balado

Ikan Balado, mungkin ini bisa ditemui di restoran Padang. Ikan yang dibumbui gilingan cabe dan dipadu dengan bumbu lain seperti bawang merah, tomat, jeruk nipismenjadi salah satu makanan yang wajib inLiners coba. Dengan ciri khas pedas, nikmatnya maknan ini telah dikenal hingga Malaysia dan Singapura.
macam macam masakan padang

Pemberian nama 'balado' merujuk pada sambal yang bertabur di atas ikan goreng ini. Isitilah ini sering juga dipakai untuk produk kemasan dengan embel embel 'balado'. Namun jika ingin merasakan balado sesungguhnya cobalah makanan ikan balado ini.

Sate Padang

Sate adalah potongan daging yang dibakar. Istimewanya sate padang ini adalah bumbu yang digunakan dalam memasak daging. Bumbunya sangat nikmat sekali dibanding bumbu sate mana saja di dunia.

Dalam penyajiannya sate padang akan disertai dengan kuah kuning atau kecoklatan yang kental. Lalu ditaburi dengan bawang goreng. Sebelumnya, daging akan direbus sebelum di masak. Tidak seperti sate lain yang langsung di bakar. Daging yang dipilih biasa diambil daging sapi atau daging ayam. Selain daging juga ada pilihan , sate usus, sate lidah. Biasany akan dihidangkan dengan ketupat.

Gulai Itiak Lado Hijau

Makanan ini terbuat dari bebek. Diberi bumbu dengan ciri khas sambel hijau. Resapan kesempurnaan bumbu akan menambah gairah makan inLiners.

Jika inLiners ingin menikmati makanan ini, akan ditemui di kota Bukittinggi, lebih tepatnya daerah Koto Gadang. Sekali coba pasti pengen lagi inLiners, dijamin!

Karupuak Sanjai / Keripik Sanjai

Sejenis keripik. Pasti tak asing lagi jika ada teman yang ke daerah Bukittingi, Sumatera Barat akan membawa ini sebagai oleh oleh. Di beri nama karupuak sanjai, karena keripik ini berasal dari daerah Sanjai, Bukittinggi.

Di buat dari bahan dasar singkong. Bentuknya bermacam macam. Ada yang di 'belah'memanjang, ada juga yang dipotong, iris tipis tipis. Namun ada juga yang paling unik, berbentuk angka 8. Namanya kerupuk 'karak kaliang'.

Teh Talua

Teh Talua, kuliner jenis ini adalah minuman. Di buat dari kuning telur yang dikocok, diberi gula, sedikit garam dan diseduh dengan teh panas. Biasanya ditambahkan sedikit perasan air jeruk nipis.

Telur yang dipilih biasanya adalah telur bebek atau telur ayam negeri. Biasanya jika inLiners ke kota Padang, mudah menjumpai ini di warung warung kopi atau rumah makan padang. Namun untuk rumah makan di luar padang agak susah juga menemukan minuman penambah stamina ini.

Gulai Paku

Gulai Paku, eits jangan berpikir dibuat dari paku besi. Memang dibuat dari bahan dasar tumbuhan paku / pakis, kemudian ditambahkan beberapa bumbu masakan yang luar biasa enaknya.

Biasanya gulai paku akan disajikan dengan nasi. Atau ada juga yang disajikan sebagai sarapan, disajikan dengan ketupat. Biasanya orang Minang bilang, 'katupek gulai paku'.

Kalio Dagiang

Masih sejenis gulai atau kari. Cara memasaknya hampir sama dengan rendang. Bahkan, sering jua disebut sebagai rendang muda. Bahan dasar pembuat kalio dagiang ini adalah daging sapi atau bisa juga daging ayam (kalio ayam). Bahkan bahan lain juga bisa dimasak jadi kalio, seperti nangka (kalio cubadak), jengkol (kalio jariang).

Enaknya makan kalio dagiang ini pasti menghipnotis lidah inLiners. Dimakan sebagai lauk ketika memakan nasi, hmmm tambuah ciek.

Dendeng

Dendeng adalah daging yang diiris tipis. Kemudian diberi bumbu khusus dan digoreng. Biasanya kan diambil daging sapi. Jika dibandingkan dengan  luar negeri ini sejenis steak. Terkait : Tata Cara Makan Steak di Eropa dan Amerika.

Dendeng mudah sekali ditemui dirumah makan padang. Dendeng Balado dengan taburan sambel cabe di atasnya. Selain itu ada macam macam dendeng juga lho. 
  1. Dendeng lambok (daging basah dibumbui dan digoreng).. 
  2. Dendeng Masiak, atau dendeng kering, biasanya akan dijemur dulu sebelum dimasak dagingnya. Dendeng rabu, terbuat dari paru. 
  3. Dendeng batokok, daging biasanya sedikit dipukul pukul dan bumbunya lebih terasa.

Soto Padang

Apa yang membedakan soto padang dengan soto lainnya? Pertama bumbunya lebih enak. Sama sama kita ketahui, jika sudah menyebut masakan padang, hal nomor satu yang terpikirkan adalah resep bumbu yang digunakan.

Untuk memasak soto padan juga tidak sembarang daging. Digunakan daging sapi pada bagian khas dalam. 

Gulai Toco

Dibuat dari irisan kacang buncis. Adakalanya dicampur dengan tempe. Dinamakan gulai toco karena dimasak dengan mengunakan bumbu khusus yang bernama 'toco'.

Masakan ini berwarna putih. Tidak seperti biasa, biasanya inLiners akan melihat gulai di restoan padang degnan warna kuning. Biasanya disantap dengan nasi atau ketupat.

Gulai Banak dan Gulai Tunjang

Gulai Banak, dibuat dari otak. Banak sendiri adalah bahasa minang yan artinya otak. Kesmpurnaan bumbu dan pengolahan, akan menghasilkan kuliner paling nikmat.

Gulai tunjang adalah gulai yang berbahan dasar bagian kaki sapi. Bagian tesebt dibersihkan dan direbus. Lalu dimasak dengan cara khusus.

Cancang

Merupakan masakan dengan bahan dasar daging. Bisa daging sapi atau daging kambing. Warnanya coklat agak kemerahan. Dibanding gulai lain, maskan ini sedikit lebih kental. Mencium aromanya saja, pasti akan membuat inLiners lapar.

Rendang

Nah yang ini tak perlu dijelaskan lagi. Tapi tahukah inLiners,  rendang yang paling nikmat itu adalah rendang kering hingga benar benar hitam. Konon ini rendang awet sekali. Biasanya digunakan oleh orang dahulu ketika menunaikan ibadah haji sebagai bekal. Untk rendang yang dijual direstoran sebenarnya belum terlalu matang. Karena renadng sesungguhnya adalah kering dan dibuat dala waktu seharian.

Itulah kuliner kuliner yang berasal dari Padang atau lebih sering disebut sebagai ranah Minang oleh penduduknya. Sebenarnya masih banyak kuliner lain seperti lamang tape, kerupuk jangek dll. Namun akan disambuang dilain waktu ya. Baca Juga : Kuliner Masakan Khas Makasar.
   

Loading...

Nama

android,2,asuransi,2,balikpapan,1,Bandung,36,Bank,15,biografi,29,bisnis,15,bisnis.,1,DAMRI,26,Deposito,2,edukasi,81,Fashion,15,Financial,59,game,3,harga emas antam,14,Hiburan,97,investasi,4,Jakarta,46,Karir,26,Kenapa oh Kenapa,20,Kredit,3,Kuliner,58,Lampung,8,Lifestyle,104,Love,33,Lowongan Kerja,15,not lagu,68,opini,1,properti,5,Resep,24,Sehat,103,Singapore,3,smartphone,4,sport,20,Table Manner,8,Teknologi,42,visa jerman,3,visa korea,2,visa perancis,4,visa us,5,Wisata,141,
ltr
item
inLine: Makanan Khas Padang, Minangkabau
Makanan Khas Padang, Minangkabau
https://2.bp.blogspot.com/-S1D15tTn2kE/WCiqa3sO5lI/AAAAAAAADm0/IdJfbHTeKfgWBTJEMr2BxVPkp-Ygb4WFgCLcB/s320/tempat%2Bmakan%2Bes%2Bkrim%2Bdi.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-S1D15tTn2kE/WCiqa3sO5lI/AAAAAAAADm0/IdJfbHTeKfgWBTJEMr2BxVPkp-Ygb4WFgCLcB/s72-c/tempat%2Bmakan%2Bes%2Bkrim%2Bdi.jpg
inLine
http://www.inotesweb.com/2016/11/makanan-khas-padang-minangkabau.html
http://www.inotesweb.com/
http://www.inotesweb.com/
http://www.inotesweb.com/2016/11/makanan-khas-padang-minangkabau.html
true
5053469692625274836
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete oleh Home PAGES POSTS View All Rekomendasi buat Kamu LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow KONTEN SANGAT BERGUNA Bagikan Konten ini, Baru Anda bisa Lihat Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy