Auto Height Logo

Makanan Khas Kuliner Papua

Berada diujung timur Indonesia, terkadang membuat kita lupa bahwa disana ada sebuah pulau besar dengan keindahan alam luar biasa. Baru akhi...

Berada diujung timur Indonesia, terkadang membuat kita lupa bahwa disana ada sebuah pulau besar dengan keindahan alam luar biasa. Baru akhir akhir ini dikenal beberapa pantai pantai indah di kepulauan Maluku. Selain berwisata melihat alam di sana, untuk kawasan Papua jangan lupa juga mencicipi kuliner makanan Papua yang enak. Apa saja itu, berikut rekomendasi kuliner Papua untuk inLiners.

Papeda

Dikenal dengan nama Burbur Sagu. Terbuah dari tepung sagu yang diolah menjadi bubur. Bentuknya agak sedikit kenyal dibanding bubur biasa. Sedikit mirip dengan lem.

Papeda biasanya disantap dengan kuah ikan kuning. Papeda dituangkan ke piring, lalu ditambahkan dengan kuah ikan kuning. Rasanya... Mantap abisss.

Hampir semua daerah di Maluku, Papua menjadikan Papeda sebagai makanan pokok. Makanan ini aman bagi penderita kolesterol kok. Juga mengandung banyak serat. inLiners jangan lupa menikmati ini ketika sampai di Papua. inLiners yang tidak ke Papua, bisa kok membuat Papeda sendiri, baca saja di artikel terkait : Resep dan Cara Membuat Bubur Sagu / Papeda.

Martabak Sagu 

Sebagai negeri penghasil sagu dan penduduknya memakan sagu sebagai maknan pokok. Pastinya produksi sagu sangat banyak di Papua. Ini diolah menjadi salah satu panganan lain. Yaitunya martabak.

Ya Martabak sagu, berasal dari Kab Fakfak. Martabak sagu dibuat dari sagu. Lalu digoreng. Rasanya manis lho karena ditambahin gula merah. Beda dengan martabak yang biasa ditemui, bahan yang digunakan adalah gula pasir. Penasaran bukan?

Bagea 

Bagea adlah panganan dari Papua sejenis kue. Kue ini dibuat dari tepung sagu. Uniknya kue ini memang agak sedikit keras. Tapi inLiners bisa menikmatinya dengan mencelupkan ke kopi atau teh.

Jika sudah dalam mulut kue ini tidak lagi keras, karena jika terkena air kue ini akan lunak dengan cepat. Sungguh luar biasa loh lahan sagu yang satu ini rasanya.

Sate Ulat Sagu

Bila inLiners berwisata ke Raja Ampat. Akan mudah menemui makanan khas satu ini. Dengan bahan pembuatan dari ulat sagu. Ulat tersebut sebesar jempol loh.

Ulat sagu diperoleh dari tepung sagu yang sudah lama dan tua. Kemudain ulat tersebut ditusuk dan dibakar seperti sate. Soal rasa, gurih kenyal mungkin itu sedikit bocorannya. Sate ini dikenal memiliki kandungan protein yang tinggi.

Aunu Senebre dan Anuve Habre

Ok sekarang tidak sagu lagi. Aunu Senebre, dibuat dari irisan daun tals yang dicapur dengan ikan teri. Tekstur makanan ini sedikit lembab. Pembuatan dilakukan dengan mengiris daun talas, tak terbayang bukan? Soal rasanya, beta bilang gurih sekali kakak. Biasa disajikan bersama papeda.

Kemudian ada juga Anuve Habre kakak. Berasala dari ikan cakalang dan daun talas. Ikan Cakalang dengan dagingnya yang kenyal punya, akan dimasak dengan daun talas. Rasanya ala mama sayange.. asin, gurih dan agak keasaman. Ini juga biasa disajikan dengan Papeda. Untuk yang ingin mencoba membuat sendiri bisa dibaca di : Resep Makanan Anuve Habre dan Aunu Sanebre.

Udang Selingkuh

Wah udangnya tidak mesum kok kakak. Udang ini dinamakan udang selingkuh karena udang ini punya fisik yang hampir sama dengan kepiting. Jika berkunjung ke daerah Wamena, Papua Barat - udang selingkuh ini sangat mudah ditemui. Biasanya udang dimasak dengan dibakar, goreng atau rebus.

Sagu Lempeng

Nah ini kembali ke bahan baku sagu. Tapi ini akan lebih enak, karena proses  memasak dilakukan dengan caar dibakar pada lempeng yang terbuat dari tanah liat. Alat cetakan lempeng tersebut dikenal dengan nama forna. Sangat nikmat dinikmati sebagai teman ngopi ataupun ngeteh.

Ikan Bungkus Papua

Mungkin ini bisa dibilang ikan pepes. Namun ketika dipepes digunakan daun talas. Untuk bumbu hanya digunakan garam saja. Rasa khas yang hanya asin dan gurih akan menciptakan sensasi rasa luar biasa di lidah inLiners. Maklum tidak terlalu banyak bumbu.
   

Loading...

Nama

android,2,asuransi,2,balikpapan,1,Bandung,36,Bank,15,biografi,29,bisnis,15,bisnis.,1,DAMRI,26,Deposito,2,edukasi,80,Fashion,15,Financial,59,game,3,harga emas antam,14,Hiburan,96,investasi,4,Jakarta,46,Karir,26,Kenapa oh Kenapa,20,Kredit,3,Kuliner,58,Lampung,8,Lifestyle,102,Love,33,Lowongan Kerja,15,not lagu,68,opini,1,properti,4,Resep,24,Sehat,101,Singapore,3,smartphone,4,sport,20,Table Manner,8,Teknologi,42,visa jerman,3,visa korea,2,visa perancis,4,visa us,5,Wisata,141,
ltr
item
inLine: Makanan Khas Kuliner Papua
Makanan Khas Kuliner Papua
https://2.bp.blogspot.com/-lu2-T_srnPY/WB3a_cwfbMI/AAAAAAAADaU/tGPm5ulkgFMCqO-GHKH8Cf4QiIoI4ZLvgCPcB/s320/kredit%2Bbank.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-lu2-T_srnPY/WB3a_cwfbMI/AAAAAAAADaU/tGPm5ulkgFMCqO-GHKH8Cf4QiIoI4ZLvgCPcB/s72-c/kredit%2Bbank.jpg
inLine
http://www.inotesweb.com/2016/11/makanan-khas-kuliner-papua.html
http://www.inotesweb.com/
http://www.inotesweb.com/
http://www.inotesweb.com/2016/11/makanan-khas-kuliner-papua.html
true
5053469692625274836
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete oleh Home PAGES POSTS View All Rekomendasi buat Kamu LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow KONTEN SANGAT BERGUNA Bagikan Konten ini, Baru Anda bisa Lihat Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy