Auto Height Logo

Wisata ke Peninggalan Sejarah Gowa Tallo

Kerajaan Gowa Tallo atau dikenal dengan kesultanan Makassar meruapkan sebuah pemerintahan kerajaan yang bercorak Islam pada abad 16 di Sulaw...

Kerajaan Gowa Tallo atau dikenal dengan kesultanan Makassar meruapkan sebuah pemerintahan kerajaan yang bercorak Islam pada abad 16 di Sulawesi Selatan. Awalnya di sana terdapat beberaa kerjaan kecil. Namun kemudian dua kerajaan besar Gowa dan Tallo mempersatukan kerajaan kerajaan kecil tersebut. Dari kemegahan kerajaan Gowa Tallo tersebut masih meninggalkan bukti sejarah. Di antaranya yang bisa inLiners kunjungi sebagai pilihan untuk berwisata yaitu.
tempat wisata di Makassar

Benteng Ford Rotterdam

Benteng ini berada di pesisir barat pantai kota Makassar. Fort Rotterdam adalah sebuah bangunan yang digunakan sebagai benteng pertahanan . Benteng ini didirikan oleh raja Gowa generasi ke sembilan yaitu I Manrigau Daeng Bonto Karaeng Lakiung Tumpa'risi di tahun 1545. Awal pembangunan benteng ini berbahan dasar tanah liat.

Kemudian raja Gowa ke -14, Sultan Alaudin merenovasi benteng ini dengan bahan batu Padas yang diambil dari pegunungan karst di Maros. Penduduk setempat juga menyebut benteng ini dengan istilah benteng panyuu (benteng penyu). Ini dikarenakan jika benteng ini dilihat dari atas akan berbentuk seperti penyu. Filosofinya adalah bahwa penyu bisa hidup di darat dan di laut, ini menggambarkan kerajaan Gowa Tallo berjaya di darat dan dilaut.

Pada masa penjajahan, ketika daerah Sulawesi benteng inipernah berfungsi sebagai penyimpan rempah rempah. Benteng ini awalnya bernama benteng Ujung Pandang. Tetapi Spellmen (pemimpin belanda waktu berkuasa di sana) merubah namanya menjadi Fort Rotterdam, sebagai bentuk mengenang tanah kelahirannya di Belanda, kota Rotterdam.

Batu Pallantikang

Batu Pallantikan yang berarti batu pelantikan merupakan batu andesit yang diapit oleh batu kapur. Peningalan kerajaan Gowa Tallo ini dianggap memiliki keajaiban. Batu ini dipercaya berasal dari kayangan.

Oleh sebab itu tempat ini dahulunya dijadikan tempat untuk pengambilan sumpah jababatan bagi raja Gowa Tallo. Batu ini berada di arah tenggara kompleks pemakaman Tamalate.

Masjid Katangka

Masjid ini sekarang dikenal dengan nama Masjid Al Hilal. Masjid ini adalah salah satu peninggalan kerajaan Gowa Tallo. Masjid ini dibadung pada tahun 1603.

Masjid ini berada tak jauh dari makam Sultan Hasanuddin. Lebih tepatnya di desa Katangka, Somba Opu Gowa. Pemberian nama Katangka ini berasal dari bahan pembuat mesjid ini, yaitu kayu Katangka.

Kompleks Makam Katangka

Kompleks makam ini berisi makam raja raja Gowa. Berada di area masjid Katangka. Termasuk di sini makam Sultan Hasanuddin.

Bagi para pengunjung bisa melihat bahwa makam raja akan diberikan bentuk kubah lengkap dengan namanya. Sementara untuk makam perangkat agama, keluarga kerajaan akan ditandai dengan batu nisan seperti biasa.

Makam Syekh Yusuf

Siapakah syekh Yusuf? Beliau dikenal sebagai ulama yang terkenal di zaman penjajahan Belanda. Pergerakan yang dipimpin Syekh Yusuf pada zaman penjajahan Belanda dianggap memberikan ancaman pada penjajah. Oleh karena itu beliau diasingkan ke Cape Town, Afrika Selatan. Kemudian beberapa tahun setelah wafat, makam beliau di pindahkan ke Makassar lagi. Berada di dataran rendah Lakiung, bagian Barat dari Masjid Katangka.

Itulah beberapa tempat bersejarah peninggalan Gowa Tallo. Jika inLiners berkunjung ke negeri ini, tidak ada salahnya berkunjung ke situs situs sejarah tersebut. Nah bagi yang ingin menambahkan referensi tempat wisata di daerah ini bisa melalui kolom komentar.
   

Loading...

Nama

android,2,asuransi,2,balikpapan,1,Bandung,36,Bank,15,biografi,29,bisnis,15,bisnis.,1,DAMRI,26,Deposito,2,edukasi,79,Fashion,15,Financial,59,game,3,harga emas antam,14,Hiburan,96,investasi,4,Jakarta,46,Karir,26,Kenapa oh Kenapa,20,Kredit,3,Kuliner,58,Lampung,8,Lifestyle,102,Love,33,Lowongan Kerja,14,not lagu,68,opini,1,properti,4,Resep,24,Sehat,101,Singapore,3,smartphone,4,sport,20,Table Manner,8,Teknologi,42,visa jerman,3,visa korea,2,visa perancis,4,visa us,5,Wisata,141,
ltr
item
inLine: Wisata ke Peninggalan Sejarah Gowa Tallo
Wisata ke Peninggalan Sejarah Gowa Tallo
https://4.bp.blogspot.com/-LQM-tiiK3oU/V_oM005Q_CI/AAAAAAAAC5w/0CziutiDPrICdPpNe9Mm4JOHJK5Yh2P7ACLcB/s400/tempat%2Bwisata%2Bdi%2BMakassar.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-LQM-tiiK3oU/V_oM005Q_CI/AAAAAAAAC5w/0CziutiDPrICdPpNe9Mm4JOHJK5Yh2P7ACLcB/s72-c/tempat%2Bwisata%2Bdi%2BMakassar.jpg
inLine
http://www.inotesweb.com/2016/10/wisata-ke-peninggalan-sejarah-gowa-tallo.html
http://www.inotesweb.com/
http://www.inotesweb.com/
http://www.inotesweb.com/2016/10/wisata-ke-peninggalan-sejarah-gowa-tallo.html
true
5053469692625274836
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete oleh Home PAGES POSTS View All Rekomendasi buat Kamu LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow KONTEN SANGAT BERGUNA Bagikan Konten ini, Baru Anda bisa Lihat Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy