Auto Height Logo

Kenapa di Gunung Lebih Dingin, Padahal Dekat dari Matahari

inLiners sudah tahu pasti dong kalau di gunung udaranya lebih dingin dari di pantai. Padahal di gunung tersebut lebih tinggi dari pada di p...

inLiners sudah tahu pasti dong kalau di gunung udaranya lebih dingin dari di pantai. Padahal di gunung tersebut lebih tinggi dari pada di pantai. Logikanya, gunung lebih dekat ke Matahari dan pantai yang letaknya lebih rendah lebih jauh dari matahari. Pasti masih banyak inLiners gagal paham terhadap masalah ini.
dari gunung
Kenapa uara pantai lebih panas dari gunung?
Mengapa udara di dataran tinggi bersuhu lebih rendah daripada di dataran rendah? Begitulah pertanyaan itu diajukan secara sains. Nah, buat jawab pertanyaan tersebut tim inLine telah menyiapkan nih. Ini jawabannya bukan asal lho. Penjelasan ini ilmiah dan sesuai dengan ilmu pengetahuan.

Penjelasan tentang kenapa di gunung lebih dingin daripada di pantai, dimulai dari pengenalan cepat rambat turunnya suhu di atmosfer lebih tepatnya pada troposfer. Troposfer adalah lapisan atmosfer yang berada di paling bawah dimana kita berada sekarang.

Secara ilmiahnya, makin tinggi suatu tempat maka suhu makin turun. Lah bukannya lebih dekat ke matahari? Sebenarnya begini, sebuah persamaan matematika-fisika menjelaskan dalam topik persamaan gas ideal.
PV= nRT
P adalah tekanan, V = Volume / Kapasitas , n = jumlah mol zat, R= konstanta gas ideal dan T suhu. Atmosfer diasumsikan sebagai gas ideal, disini aka berlaku suhu berbanding lurus dengan tekanan. Semakin tinggi suhu maka tekanan semakin besar, begitu juga sebaliknya.

Hubungannya dengan ketinggian tempat adalah: Semakin tinggi suatu tempat maka kerapatan udara semakin berkurang, ini artinya tekanan udara akan berkurang. Jika tekanan berkurang otomatis suhu juga akan turun. Artinya sebelum ketinggian dihubungakan dengan suhu, maka dihubungkan dengan tekanan dulu. Lebih simpelnya perhatikan di bawah ini.
H (rendah ) => P (rendah)
P (rendah) => T (rendah) *sesuai prinsip gas ideal tadi.
#berlaku juga sebaliknya.
Itulah sebabnya suhu di gunung lebih rendah (dingin) dibanding di pantai. Kemudian secara biologis ini berhubungan dengan penyerapan radiasi matahari oleh tumbuhan. Kita tahu di daerah pegunungan lebih banyak pohon pohon bukan?

Pada dasarnya memang benar, lebih banyak radiasi yang sampai di daerah dataran tinggi dibanding dataran rendah. Tetapi penerimaan radiasi tersebut banyak digunakan untuk transfer energi dalam bentuk kalor laten. Cahaya/Energi tersebut diserap oleh tumbuhan untuk proses transpirasi. Proses transpirasi ini terjadi dimana molekul air dilepaskan oleh tumbuhan ke udara, jadi panasnya tadi terserap oleh molekul air yang dihasilkan oleh tumbuhan tadi.
   

Loading...

Nama

android,2,asuransi,2,balikpapan,1,Bandung,36,Bank,15,biografi,29,bisnis,15,bisnis.,1,DAMRI,26,Deposito,2,edukasi,79,Fashion,15,Financial,59,game,3,harga emas antam,14,Hiburan,96,investasi,4,Jakarta,46,Karir,26,Kenapa oh Kenapa,20,Kredit,3,Kuliner,58,Lampung,8,Lifestyle,102,Love,33,Lowongan Kerja,14,not lagu,68,opini,1,properti,4,Resep,24,Sehat,101,Singapore,3,smartphone,4,sport,20,Table Manner,8,Teknologi,42,visa jerman,3,visa korea,2,visa perancis,4,visa us,5,Wisata,141,
ltr
item
inLine: Kenapa di Gunung Lebih Dingin, Padahal Dekat dari Matahari
Kenapa di Gunung Lebih Dingin, Padahal Dekat dari Matahari
https://3.bp.blogspot.com/-jW-OQTyNAEM/V9NLD90mFxI/AAAAAAAACJ4/doyZBKFRH9gMZk0m6w_t7BcZ5JxBkSjHwCLcB/s320/udara%2Bpantai%2Bpanas%2Bdari%2Bgunung.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-jW-OQTyNAEM/V9NLD90mFxI/AAAAAAAACJ4/doyZBKFRH9gMZk0m6w_t7BcZ5JxBkSjHwCLcB/s72-c/udara%2Bpantai%2Bpanas%2Bdari%2Bgunung.jpg
inLine
http://www.inotesweb.com/2016/09/udara-pantai-panas-dari-gunung-karena.html
http://www.inotesweb.com/
http://www.inotesweb.com/
http://www.inotesweb.com/2016/09/udara-pantai-panas-dari-gunung-karena.html
true
5053469692625274836
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete oleh Home PAGES POSTS View All Rekomendasi buat Kamu LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow KONTEN SANGAT BERGUNA Bagikan Konten ini, Baru Anda bisa Lihat Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy