Auto Height Logo

Beda Akad Mudharabah dan Wadiah pada bank Syariah

Bila inLiners berkunjung ke salah satu bank Syariah, misalkan bank Mandiri Syariah, bank BRI Syariah ataupun BNI Syariah. Di sana jika inLi...

Bila inLiners berkunjung ke salah satu bank Syariah, misalkan bank Mandiri Syariah, bank BRI Syariah ataupun BNI Syariah. Di sana jika inLiners membuka rekening tabungan akan di tawarkan dua jenis produk tabungan. Bank tersebut akan menawarkan jenis tabungan wadiah dan jenis tabungan Mudharabah.
Produk Tabungan bank Mandiri
Mudharabah dan Wadiah
Tentu, nantinya juga akan dijelaskan perbedaan, kelebihan dan kekurangan produk bank Syariah dua-duanya tersebut. Tapi setidaknya berikut informasi singkat yang bisa inLiners tahu mengenai beda tabungan wadiah dan mudharabah ini. Berikut perbedaannya.

Tabungan Mudharabah dari Bank Syariah

Secara bahasa arti Mudharabah memukul atau berjalan. Kata ini diambil dari induk kata dharb (Bahasa Arab). Makna lebih luas dari memukul/ berjalan ini adalah proses dimana seorang bergerak dalam menjalankan sebuah usaha. Dalam istilahnya ketika dikaitkan dengan harta, mudharabah merupakan kerja sama antara dua pihak atau lebih. Pihak pihak tersebut terdiri dari shahibul mal (pemilik harta) yang memberikan modal kepada si pengelola (mudharib). Kesepakatan tersebut ibuat di awal mengenai hak dan kewajiban masing-masing.

Mudharabah ini, jika di – Indonesiakan maka akan dikenal dengan bagi hasil. Pada perannya masing masing semua modal berasal dari Shahibul mal dan Pengelolaan sepenuhnya dari pengelola.

Kesimpulan dari pengertian di atas adalah bahwa pada mudharabah ini terdapat kerja sama antara nasabah (sebagai shahiul mal) dan bank (sebagai mudharib). Modal dari nasabah tersebut akan digunakan oleh bank untuk melakukan sebuah kegiatan usaha. Dalam hal ini akan ada persentase pembagian keuntungan dari usaha yang dilakukan, misalnya 70% dan 30%.

Sebagai contoh, misalkan Tuan Ray menabung di bank Syariah dengan perjanjian mudharabah sebesar Rp 100.000.000,- Sesuai kesepakatan antara bank dan tuan Ray maka ditetapkan pembagian keuntungan 60% dan 40%. Dana dari tuan Ray akan dimanfaatkan oleh pihak bank untuk melakukan usaha. Dari pengelolaan dana tersebut diperoleh keuntungan Rp 1.000.000,- Pada Keadaan akhir tersebut maka, bank akan mendapatkan bagian 600.000,- (60% dari 1.000.000,-) dan Ray akan mendapatkan bagian Rp 400.000,- (40% dari Rp 1.000.000,-).

Dalam prakteknya di Indonesia, tabungan bank syariah dengan jenis mudharabah ini hampir sama dengan tabungan biasa. Nasabah akan dibebankan biaya administrasi bulanan dan, dan harus memenuhi saldo minimum serta apabila di bawah saldo minimum itu jumlah uang maka akan di kenakan sanksi berupa denda. Selain itu, akan ada saldo mati dalam tabunungan tersebut.

Tabungan Wadiah dari bank Syariah

Penggunaan kata wadiah berasal dari bahasa Arab juga yaitu Wada’asy-syai-a. Arti dasar dari kata tersebut adalah meninggalkan. Secara lengkapnya ini di artikan dengan meninggalkan sesuatu kepada orang lain karena diyakini bahwa orang yang dititipi tersebut bisa menjaga barang.

Dalam hal ini hanya ada dua peran, penitip dan yang dititipi. Tabungan ini lebih dikenal juga sebagai titipan. Bidang perbank-an syariah menyampaikan maksud dari wadiah ini adalah nasabah menitipkan sejumlah hartanya dan dijaga oleh pihak bank. Nasabah bisa saja mengambil kembali barang titipan (uang tabungan) tersebut sewaktu waktu yang dia inginkan.

Terlihat jelas di sini perbedaan antara mudharabah dan wadiah. Pada mudharabah ada akan pembagian hasil sementara untuk wadiah tidak. Jika dikaji lebih mendalam, mudharabah bertujuan untuk ‘usaha’ dimana diharapkan keuntungan dari pengelolaan dana. Untuk wadiah, uang tidak digunakan atau ditujukan untuk usaha. Hanya sebatas menyimpan.

Kelebihan tabungan Wadiah ini dibanding Mudhaarabah adalah, nasabah tidak dikenai biaya administrasi bulanan. Saldo nasabah juga tidak dipersyaratkan harus ada saldo minimum. Nasabah bebas menabung berapa saja dan menyisakan saldo berapa saja.

Kekurangan tabungan wadiah ini dibanding mudharabah adalah manfaat tabungan ini. Uang yang dititipkan tidak akan bertambah. Tidak mungin kan kita menitipkan barang terus uang bertambah. Pilihan wadiah ini kurang bagus untuk menyimpan uang dalam jangka waktu yang lama, mengingat tiap hari nilai uang akan semakin berkurang. Jadi ini sangat kurang tepat untuk pilihan berinvestasi dibanding tabungan mudharabah.

Itulah perbedaan produk tabungan dari bank syariah. Antara Mudharabah dan Wadiah. Terserah kepada inLiners memilih produk mana untuk menyimpan uangnya.
   

Loading...

Nama

android,2,asuransi,2,balikpapan,1,Bandung,35,Bank,15,biografi,29,bisnis,18,bus,10,cpns,2,DAMRI,25,Deposito,2,edukasi,81,Fashion,15,Financial,59,game,3,harga emas antam,14,Hiburan,97,investasi,4,Jakarta,45,Karir,28,Kenapa oh Kenapa,20,Kredit,3,Kuliner,58,Lampung,4,Lifestyle,106,Love,33,Lowongan Kerja,9,not lagu,68,opini,1,properti,5,Resep,24,Sehat,103,Singapore,3,smartphone,4,sport,20,Table Manner,8,Teknologi,42,visa jerman,3,visa korea,2,visa perancis,4,visa us,5,Wisata,141,
ltr
item
inLine: Beda Akad Mudharabah dan Wadiah pada bank Syariah
Beda Akad Mudharabah dan Wadiah pada bank Syariah
https://2.bp.blogspot.com/-Ithpvp5E3qU/V9hBjNWIjvI/AAAAAAAACN8/Uf6hw65cJhU2e9j3-CNZzZwKh9_Qe0KMwCLcB/s320/beda%2Bmudharabah%2Bdan%2Bwadiah.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-Ithpvp5E3qU/V9hBjNWIjvI/AAAAAAAACN8/Uf6hw65cJhU2e9j3-CNZzZwKh9_Qe0KMwCLcB/s72-c/beda%2Bmudharabah%2Bdan%2Bwadiah.jpg
inLine
http://www.inotesweb.com/2016/09/beda-akad-mudharabah-dan-wadiah.html
http://www.inotesweb.com/
http://www.inotesweb.com/
http://www.inotesweb.com/2016/09/beda-akad-mudharabah-dan-wadiah.html
true
5053469692625274836
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete oleh Home PAGES POSTS View All Rekomendasi buat Kamu LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow KONTEN SANGAT BERGUNA Bagikan Konten ini, Baru Anda bisa Lihat Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy