Auto Height Logo

Syarat Pengajuan Deposito Syariah

Suburnya pertumbuhan bisnis banking dengan basis syariah seperti tabungan syariah membuat para pihak bank mengeluarkan produk produk sy...


Suburnya pertumbuhan bisnis banking dengan basis syariah seperti tabungan syariah membuat para pihak bank mengeluarkan produk produk syariah dalam bentu lain. Salah satu produk yang diluncurkan oleh bank syariah ini adalah program investasi dalam bentuk deposito atau yang dinamakan deposito syariah. Deposito syariah, persis dengan prinsip produk produk bank syariah lainnya yaitu dengan penetapan bagi hasil.

Untuk lebih memahami apa sebenarnya deposito syariah ini, sebelum inLiners mengajukan diri untuk menggunakan produk ini. Alangkah baiknya jika mengetahui seluk beluk deposito syariah ini terlebih dahulu. Dari berbagai sumber yang tim inLine kutip, bisa didapatkan ulasan seperti berikut ini.

Deposito syariah adalah sebuah produk jenis simpanan yang dikeluarkan oleh bank syariah dengan menganut sistem syariah dalam bentuk simpanan berjangka. Pengelolaan dan sistem pembagian keuntungan didasarkan pada prinsip mudharabah atau bagi hasil. Perbedaan yang bisa ditekankan antara deposito syariah ini dan deposito lainnya adalah bagaimana metoda dalam pengelolaan dana serta akad (perjanjian ) yang disepakati ke dua belah pihak (nasabah dan bank).

Nasabah akan diberikan nisbah (ukuran/takaran) dalam pembagian hasil berupa presentase dari keuntungan pengelolaan dana. Bukan dari persentase dan jumlah dana setoran awal. Lebih simpelnya dicontohkan sebagai berikut.

Jika membuka deposito syariah di bank A, kemudian terjadi akad dengan ketentuan bagi hasil 60:40. Artinya 60% dari keuntungan pendapatan bank dari pengelolaan dana akan diberikan pada inLiners, sementara 40% untuk pihak bank. Maknanya di sini nasabah tidak bisa memastikan berapa keuntungan dari hasil deposito-nya di awal, nanti pada akhir setelah didapat hasil dan keuntungan baru nasabah tahu keuntungan bagiannya berapa. Tak ada kepastian jumlah keuntungan untuk deposito ini.

Dibandingkan dengan deposito konvensional, jika menyetor dana dalam jumlah Rp 100 juta, dan ditetapkan bunga 5%. Maka keuntungan untuk nasabah sudah pasti 5% dari Rp 100 juta tersebut. Mau pendapatan bank besar atau kecil bank wajib membayar Rp 5 juta (5% dari 100 juta tadi sebagai bunga). Terlihat perbedaannya bukan?

Untuk nasabah dalam deposito syariah dikenal dengan istilah shahibul maal atau pemilik harta. Sementara bank disebut sebagai mudharib atau pengelola dana. Pihak pengelola dana bisa melakukan berbagai usaha dengan tidak melanggar syariah untuk mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya. Keuntungan itulah yang disebut mudharabah (bagi hasil).

Syarat untuk mengajukan tabungan deposito syariah ini hampir sama dengan deposito lainnya. inLiners datang ke kantor cabang bank syariah terdekat denganmembawa kelengkapan foto kopi identitas diri (KTP/SIM/Passport). Jika dana yang akan didepositokan atas nama lembaga atau organisasi harus dilengkapi legalitas atau bukti hukum (akta pendirian) badan usaha. Untuk syarat lainnya akan dijelaskan disana mengenai porsi bagi hasilnya berapa.
   

Loading...

Nama

android,1,asuransi,2,balikpapan,1,Bandung,35,Bank,15,biografi,29,bisnis,18,bus,10,cpns,2,DAMRI,25,Deposito,2,edukasi,81,Fashion,15,Financial,59,game,1,harga emas antam,14,Hiburan,97,investasi,4,Jakarta,45,Karir,28,Kenapa oh Kenapa,20,Kredit,3,Kuliner,58,Lampung,4,Lifestyle,106,Love,33,Lowongan Kerja,9,not lagu,70,opini,1,properti,5,Resep,24,Sehat,103,Singapore,3,smartphone,4,sport,20,Table Manner,8,Teknologi,41,visa jerman,3,visa korea,2,visa perancis,4,visa us,5,Wisata,141,
ltr
item
inLine: Syarat Pengajuan Deposito Syariah
Syarat Pengajuan Deposito Syariah
https://4.bp.blogspot.com/-EuFQRAc8mb8/V7stCb9wXrI/AAAAAAAABxE/_W-Dij-ncYkViQogrbzkaeSvepX67AlxACLcB/s1600/bank%2Bdeposito%2Bkredit%2Bbunga.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-EuFQRAc8mb8/V7stCb9wXrI/AAAAAAAABxE/_W-Dij-ncYkViQogrbzkaeSvepX67AlxACLcB/s72-c/bank%2Bdeposito%2Bkredit%2Bbunga.jpg
inLine
http://www.inotesweb.com/2016/08/syarat-buka-deposito-syariah.html
http://www.inotesweb.com/
http://www.inotesweb.com/
http://www.inotesweb.com/2016/08/syarat-buka-deposito-syariah.html
true
5053469692625274836
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete oleh Home PAGES POSTS View All Rekomendasi buat Kamu LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow KONTEN SANGAT BERGUNA Bagikan Konten ini, Baru Anda bisa Lihat Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy