Auto Height Logo

Cara Mengolah Kepiting Sebelum Dimasak

Kepiting adalah jenis hewan dari spesies Crustacea yang memiliki kaki 10. Di negara maritim khususnya Indonesia kepiting termasuk makanan...


Kepiting adalah jenis hewan dari spesies Crustacea yang memiliki kaki 10. Di negara maritim khususnya Indonesia kepiting termasuk makanan yang terkesan elegan. Hal ini dikarenakn mahalnya harga dari seporsi kepiting. Disamping nilai plus dengan rasa yang lezat, kepiting juga kaya akan kandungan nutrisi penting untuk tubuh. Bisa dipastikan sangat bermanfaat bagi kesehatan hewan yang satu ini jika di konsumsi.

Dari hasil observasi yang dilakukan pada kepiting dengan kapasitas 100 gram, bagian tubuh yang bisa untuk dimakan berkisar hanya 45% saja. Walaupun sedikit dari bagian tubuhnya yang bisa di konsumsi, ternyata kepiting memiliki kandungan gizi yang cukup besar sebagaimana telah disinggung di atas. Sebagai contoh, pada kepiting terdapat vitamin B12 yang berperan dalam meningkatkan metabolisme asam lemak dan asam amino. Selain itu kandungan protein yang tinggi sangat berguna dalam pengaturan metabolisme. Kandungan zinc juga berfungsi dalam proses percepata penyembuhan luka (bukan luka di hati ya), memperbaiki sel sel yang rusak juga.

Kapasitas protein, lemak dan omega 3 serta mineral Selenium dalam komposisi kepiting juga berkahasiat dalam pembentukan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, penawar radikal bebas, pencegah pemicu penyakit jantung. Terakhir kandungan kepiting, mineral Copper akan membantu proses pembentukan sel syaraf dan mencegah osteoporosis.

Untuk bumil dan menyusui, dengan memakan kepiting 1 hingga 2 ekor dalam seminggu dapat menolong pembentukan selaput sel pada otak bayi. Tak lain ini dikarenaan kandungan omega 3 tadi pada kepiting.

Cara Mengambil Daging Kepiting

Dalam memasak kepiting tergolong tidak mudah. Terutama untuk mengambil dagingnya. Dengan struktur tubuh yang rata rata keras maka akan sulit dimasak jika tidak dengan cara yang benar. Berikut cara untuk mengambil daging kepiting.

Pakailah panci kukus untuk memasak kepiting. Panaskan air dan kepiting di atas kukusan. Dalam hal ini sangat dianjurkan untuk memulai dengan kepiting yang masih hidup. Ini ditujukan agar kepiting tersebut terjamin kesegarannya. Dalam proses ini kepiting hanya kena uap panas, bukan direbus di dalam air. Bila kepiting dimasukkan ke air dan direbus maka air panas akan menjadikan cangkang rusak, serta daging yang diinginkan menjadi lembab dan basah.

Apabila kepiting telah matang, pindahkan kepiting keluar. Lalu bersihkan kepiting tersebut. Ketika membersihkan kepiting, copot kaki kepiting dan tambahkan bumbu seafood. Opsi pencopotan kaki dan capit hanya jika tidak sesuai selera.

Agar daging dan cangkang terpisah, pegang kepiting pada bagian belakang dengan mengenggam bersama satu ibu jari di cankang, Sementara ibu jari yang lain pada bagian tubuh depan. Pisahkan seola olah seperti membuka sebuah buku. Copot cangkang bagian atas seraya membersihkan lendir yang berada pada cangkang.

Selanjutnya bila cangkang telah terbuka, akan nampak insang, buanglah insang tersebut karena bagian tersebut tidak bisa di konsumsi.

Patahkan bagian tubuh kepiting hingga bisa mengeruk daging yang tersembunyi pada bagian bagian tubuh di bawah cangkang. Bila dilakukan dengan detail akan banyak didapat daging untuk dimasak. Daging dari bagian ‘kanting besar’ merupakan salah satu daging terbaik untuk dimasak. Biasanya, daging tersebut cukup lezat untuk langsung di konsumsi (ingat: tadi sudah dibumbui). Namun pilihan lain bisa saja dengan mengolah daging tersebut menjadi masakan lain.

Capit pada kepiting, juga memiliki daging di dalamnya. Daging tersebut bisa diambil dengan memecahkan cangkang pelapis capit itu. Untuk pengolahan daging kepiting tersebut berikut ada salah satu menu masakan, kepiting saos tiram.

Resep dan Cara Memasak Kepiting Saos Tiram

Bahan yang dibutuhkan : 6 ekor kepiting segar, 5 sendok makan saus tomat, 4 sendok makan saos tiram, 3 sendok makan sambel (sambel botolan) , cabe giling 2 sendok makan, merica, air, gula pasir, garam dan minya goreng secukupnya.

Selanjutnya untuk bumbu halus kepiting saos tiram ini dibutuhkan : 5 buah cabe rawit merah (ditumis hingga layu). 5 siung bawang merah (ditumis). 3 siung bawang putih (ditumis). 1,5 cm jahe (dihaluskan).
Cara Memasak Kepiting Saos Tiram,
  1. Pertama Rebuslah kepiting hingga matang. Setelah itu kepiting dibelah menjadi dua bagian.
  2. Siapkan wajan penggorengan, tumis bumbu halus yang telah dipersiapkan hingga wangi.
  3. Campurkan Saos tuam, saos tomat dan cabe merah beserta yang lainnya ke dalam tumisan.Aduk hingga merata.
  4. Masukkan kepiting yang tadi sudah di rebus. Tunggu sambil diaduk hingga kuah tadi agak mengental.

Komentar Kamu

   

Loading...

Nama

android,1,asuransi,2,balikpapan,1,Bandung,35,Bank,15,biografi,29,bisnis,18,bus,10,cpns,2,DAMRI,25,Deposito,2,edukasi,81,Fashion,15,Financial,59,game,1,harga emas antam,14,Hiburan,97,investasi,4,Jakarta,45,Karir,28,Kenapa oh Kenapa,20,Kredit,3,Kuliner,58,Lampung,4,Lifestyle,108,Love,33,Lowongan Kerja,9,not lagu,70,opini,1,properti,5,Resep,24,Sehat,103,Singapore,3,smartphone,4,sport,20,Table Manner,8,Teknologi,42,visa jerman,3,visa korea,2,visa perancis,4,visa us,5,Wisata,141,
ltr
item
inLine: Cara Mengolah Kepiting Sebelum Dimasak
Cara Mengolah Kepiting Sebelum Dimasak
https://1.bp.blogspot.com/--Y-1fOXnJQs/V7cUS2hvb8I/AAAAAAAABps/cvo7ysiYtr8DZEmK1wTcnXkzere1Hk22wCLcB/s320/kepiting%2Bsaos%2Btiram.jpg
https://1.bp.blogspot.com/--Y-1fOXnJQs/V7cUS2hvb8I/AAAAAAAABps/cvo7ysiYtr8DZEmK1wTcnXkzere1Hk22wCLcB/s72-c/kepiting%2Bsaos%2Btiram.jpg
inLine
http://www.inotesweb.com/2016/08/mengolah-kepiting.html
http://www.inotesweb.com/
http://www.inotesweb.com/
http://www.inotesweb.com/2016/08/mengolah-kepiting.html
true
5053469692625274836
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete oleh Home PAGES POSTS View All Rekomendasi buat Kamu LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow KONTEN SANGAT BERGUNA Bagikan Konten ini, Baru Anda bisa Lihat Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy