Auto Height Logo

Masakan Khas dari Jambi

Kota Jambi yang berada di provinsi dengan nama yang sama berada di pulau Sumatera Kota yang dikenal dengan semboyan sepucuk jambi sembilan...


Kota Jambi yang berada di provinsi dengan nama yang sama berada di pulau Sumatera Kota yang dikenal dengan semboyan sepucuk jambi sembilan lurah ini memiliki pesona kuliner yang luar biasa. Tetapi mungkin jarang terekspos sehingga tak begitu akrab di telinga kita.

Jika berkunjung ke kota Jambi, sangat rugi jika tidak pernah mencicipi olah rasa dari kota ini. Berbagai kuliner dan masakan tradisional khas kota Jambi, pasti akan membuat rindu inLiners untuk kembali ke kota ini. Apa saja makanan khas dan kuliner di kota ini? Berikut tim inLine Jambi menyajikannya.

Gulai Tepek Ikan

Makanan ini dibuar dari campuran ikan dan sagu. Bahan pendukung lainnya adalah bumbu telur, garam, bawang merah dan air. Adonan yang dibuat dipipihkan (ditepek dalam bahasa Jambi) sehingga dengan cara pembuatan seperti ini dinamakan tepek ikan.

Jenis ikan yang dipilih untuk membuat makanan ini di antaranya ikan belida, ikan gabus atau ikan tenggiri. Even penyajian makanan ini memang agak langka sekarang, mungkin hanya pada acara perkawinan atau lebaran bisa menemukan dengan mudah. Tetapi jangan takut, untuk restoran di kota Jambi masih ada yang menyajikan ini.

Setelah itu, adonan tepek tersebut dipotong potong dan direbus hingga matang. Campuran penyajiannya akan diberi kuah gulai dengan bumbu bumbu dari rempah seperti cengkeh, kulit manis, lada, jahe,jintan, lengkuas ketumbar dan lainnya.

Gulai Ikan Patin Khas Jambi

Perbedaan mendasar dari gulai ikan patin dari Jambi ini adalah dari bumbu memasaknya. Banyak mungkin ditemui gulai ikan patin dari daerah lain, tetapi yang ini dipastikan beda.

Memasak ikan patin menjadi gulai khas Jambi akan menggunakan bumbu khas yang dinamakan tempoyak. Sensasi kuliner rasa adukan bumbu tempoyak dan komposisi rempah yang sempurna akan membuat kangen dengan masakan satu ini.

Dodol Nanas

Daerah Tangkit di kabupaten Muaro Jami dikenal sebagai daerah penghasil nanas. Kehidupan warga disini berjalan sebagian besar sebagai petani dan produksi nanas. Nanas akan dikirim ke daerah daerah lain dan ada yang diolah sendiri menjadi pangan lainnya.

Menyadari kelebihan produksi nanas di Tangkit ini, salah satu olahan nanas yang terkenal di sini adalah dodol nanas. Berbagai olahan nanas lain juga bisa ditemukan disini seperti keripik nanas dan lainnya.

Kue Srikaya

Kue unik dari Jambi ini memang bernama srikaya. Tetapi keunikan yang dimaksud dimana untuk membuat kue ini sendiri tak menggunakan buah srikaya yang biasa dubuat untuk jus buah atau minuman. Kue dengan nama seperti ini juga bisa ditemui di daerah Sumatera Barat.

Bahan dasar pembuatan kue ini adalah tapai. Tapai dicampur dengan santan dan diberi pewarna hijau dari daun pandan. Pandan, tentu inLiners sudah bisa merasakan aroma pandan yang menggoda ini. Penambahan pemanis seperti gula akan membuat lidah merasakan manis yang perfecto.

Nasi Gemuk

Nasi gemuk sejatinya adalah olahan daerah daerah Melayu. Di Malaysia juga akan ditemui nasi serupa dengan nama berbeda, yaitu nasi lemak. Jika menoleh ke pulau Jawa nasi ini hampir sama dengan tumpeng.

Nasi ini akan dihidangkan untuk sarapan pagi. Untuk menemukan nasi ini sangat mudah dijalan jalan kota Jambi di kala pagi datang menjelang. Nasi gemuk ini dibuat dengan menanak beras, santan bersama daun pandan, daun salam dan daun jeruk. Porsi nasi gemuk ini juga akan ditambahkan telur rebus, daging sapi, emping dan sambel khas masyarakat Jambi.

Tempoyak

Ini tadi salah satu bumbu pembuat gulai ikan Patin ala Jambi di atas. Selain sebagai bumbu tempoyak ini bisa dimakan langsung bersama nasi. Rasa tempoyak ini agak asam karena dibuat dari pengasaman durian.

Tempoyak ini juga bisa ditemukan di daerah sekitar Jambi, seperti Palembang, Lampung dan beberapa kota di pulau Kalimantan. Yang paling sederhana pengolahan tempoyak ini dicampur dengan cabe dan dijadikan sambel. Bahkan saking enaknya, ada lagu dari daerah jambi yang lirik-nya. “ Tempoyak asam durian, digulai jo ikan balo..”

Komentar Kamu

   

Loading...

Nama

android,1,asuransi,2,balikpapan,1,Bandung,35,Bank,15,biografi,29,bisnis,18,bus,10,cpns,2,DAMRI,25,Deposito,2,edukasi,81,Fashion,15,Financial,59,game,1,harga emas antam,14,Hiburan,97,investasi,4,Jakarta,45,Karir,28,Kenapa oh Kenapa,20,Kredit,3,Kuliner,58,Lampung,4,Lifestyle,108,Love,33,Lowongan Kerja,9,not lagu,70,opini,1,properti,5,Resep,24,Sehat,103,Singapore,3,smartphone,4,sport,20,Table Manner,8,Teknologi,42,visa jerman,3,visa korea,2,visa perancis,4,visa us,5,Wisata,141,
ltr
item
inLine: Masakan Khas dari Jambi
Masakan Khas dari Jambi
https://4.bp.blogspot.com/-Su2r7e2BQes/V7heMfElHRI/AAAAAAAABss/jT3NqQRhmuYmzsUEpYJqJhIoknb9xeo6gCLcB/s320/kuliner%2Bmurah%2Bjambi.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-Su2r7e2BQes/V7heMfElHRI/AAAAAAAABss/jT3NqQRhmuYmzsUEpYJqJhIoknb9xeo6gCLcB/s72-c/kuliner%2Bmurah%2Bjambi.jpg
inLine
http://www.inotesweb.com/2016/08/masakan-khas-dari-jambi.html
http://www.inotesweb.com/
http://www.inotesweb.com/
http://www.inotesweb.com/2016/08/masakan-khas-dari-jambi.html
true
5053469692625274836
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete oleh Home PAGES POSTS View All Rekomendasi buat Kamu LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow KONTEN SANGAT BERGUNA Bagikan Konten ini, Baru Anda bisa Lihat Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy