Auto Height Logo

12 Makanan Khas Makassar

Populernya Makassar tidak sebatas keindahan alam yang dimiliki saja. Berbagai keramahan penduduk juga menjadi daya tarik wisata di sini. ...


Populernya Makassar tidak sebatas keindahan alam yang dimiliki saja. Berbagai keramahan penduduk juga menjadi daya tarik wisata di sini. Dan yang tak akan terlupakan ketika berwisata tentu memanjakan lidah dengan kuliner kuliner khas tempat tersebut.

Tak terkecuali di Makassar, berbagai kuliner lezat harus di coba jika singgah di kota ini. Mungkin yang paling dikenal dari kota ini, es pisang ijo atau Cotto Makassar Saja. Tetapi ada sebenarnya beberapa makanan khas makassar yang sayang di lewatkan. Berikut tim inLine Makassar perkenalkan kuliner khas dari kota di Sulawesi Selatan ini. 

Jalangkote. Menu ini sangat sering di temui dalam bulan Ramadhan. Sajian ini sangat disukai sebagai jajanan berbuka puasa. Bentuk Jalangkote ini mirip dengan pastel yang diisi wortel, tauge, kentang cincang, soun. Bedanya kulit pembungkus Jalangkote ini lebih tipis. Dihidangkan dengan saos tomat dan saos sambal, akan menghibur rasa pada lidah inLiners 

Buras. Jika selayang pandang Buras ini hampir sama dengan lemper (kue basah) jajanan jawa. Buras dibungkus dengan daun pisang. Cara menikmati Buras ini adalah dengan mencocol ke bumbu kelapa kering yang diberi gula, garam dan cabe. Menikmati ini sangat berkesan di sore hari sambil ditemani secangkir kopi. 

Mie Titi. Makanan ini sudah lama populer di Sulawesi. Penggunaan mie kering dengan bentuk yang lebih tipis menjadikan perbedaan tersendiri dari mie mie lainnya. Mie ini pertama kali diperkenalkan oleh Ang Kho Tjau, hingga sekarang telah menyebar di beberapa cabang. Penyajian mie ini biasanya disertai dengan kuah kental, jamur, hati, udang, cumi atau daging ayam yang di iris. 

Pisang Epe. Jajanan ini dibuat dari pisang setengah matang. Pisag tersebut dipipih lalu dibakar. Pisang ini akan disajikan dengan saos yang terbuat dari gula merah. Jika mampir ke Pantai Losari, Makassar jangan lupa menikmati kuliner yang satu ini. 

Coto Makassar. Inilah kuliner paling populer dari Makassar. Kuliner dengan bahan dasar jeroan dan daging sapi ini akan dihidangkan dengan ketupt atau buras. Untuk mencari kuliner ini tak akan susah di kota kota besar seperti Jakarta, Medan dan Bandung. Apalagi kalau sudah berada di kota Makassar, Dont Ask me what am I supposed to do!

Sop Konro. Sop yang terbuat dari iga sapi ini meerupakan masakan khas Bugis dan Makassar.Warna kuah soup ini agak kecoklatan karena kaya akan rempah asli Indonesia. Soup ini bisa dinikmati dengan ketupat atau nasi. 

Kapurung. Makanan ini berasal dari Luwu Timur, Palopo. Bahan dasar kapurung ini adalah sagu yang dicampur bumbu yang dihaluskan. Komposisi bumbu tersebut cabe rawit dan perasan air jeruk. Dalam porsi kapurung ini juga ditambahkan sayuran kangkung, potongan terong, daun pakis , daun katuk dan daging ayam yang di-suwir. 

Barongko
. Secara pola makan internasional, J Barongko akan dihidangkan sebagai makanan penutup. Makanan dari Bugis ini dibuat dari pisang Kepok yang dikukus dengan daun pisang. Konon makanan ini dulunya khusus untuk raja-raja. Buat kamu yang menjadi raja (tamu) di Makassar jangan lupa menikmati ini. 

Es Palu Butung. Mungkin banyak yang tahu hanya es pisang ijo. Ternyata ada jenis minuman lain di Makassar. Namanya es palu butung. Buat menemukan ini kuliner, asal sampai di Makassar pasti dapat.
Gogos. Makanan ini dibuat dari beras ketan hitam yang dimasak bersama santan. Kemudia dibungkus menggunakan daun pisang dan dipanggang. Makanan khas ini akan mudah sekali ditemukan saat momen lebaran di Sulawesi Selatan. Jika tidak lebaran-pun bisa ditemui di Pantai Losari yang di asong pedagang. 

Sarabba, ini merupakan jenis minuman kesehatan dari Makassar. Minuman ini dibuat dengan komposisi jahe, gula merah, kuning telor dan santan. Mencegah rasa anyir telur, ditambahkan beberapa rempah penghangat tubuh. Minuman ini sangat baik bagi yang masuk angin,Pilek atau sekedar meningkatkan stamina tubuh.

Pallu basa, Kembali ke jenis makanan soup. Makanan ini hampir sama dengan cotto. Perbedaannya dengan cotto terletak pada kuahnya yang menggunakan santan kelapa. Dan di atasnya akan ditaburi kelapa sang rai. Makanan ini akan disajikan dengan nasi.

Komentar Kamu

BLOGGER: 1
Loading...
   

Loading...

Nama

android,1,asuransi,2,balikpapan,1,Bandung,35,Bank,15,biografi,29,bisnis,18,bus,10,cpns,2,DAMRI,25,Deposito,2,edukasi,81,Fashion,15,Financial,59,game,1,harga emas antam,14,Hiburan,97,investasi,4,Jakarta,45,Karir,28,Kenapa oh Kenapa,20,Kredit,3,Kuliner,58,Lampung,4,Lifestyle,106,Love,33,Lowongan Kerja,9,not lagu,70,opini,1,properti,5,Resep,24,Sehat,103,Singapore,3,smartphone,4,sport,20,Table Manner,8,Teknologi,41,visa jerman,3,visa korea,2,visa perancis,4,visa us,5,Wisata,141,
ltr
item
inLine: 12 Makanan Khas Makassar
12 Makanan Khas Makassar
https://3.bp.blogspot.com/-CfNmezpsqmI/V7hwym4-yLI/AAAAAAAABs8/g_FhQUc5XpAihR0LAculPB3_Kid5j95cACLcB/s320/kuliner%2Bwisata%2Bpantai%2Blosari.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-CfNmezpsqmI/V7hwym4-yLI/AAAAAAAABs8/g_FhQUc5XpAihR0LAculPB3_Kid5j95cACLcB/s72-c/kuliner%2Bwisata%2Bpantai%2Blosari.jpg
inLine
http://www.inotesweb.com/2016/08/kuliner-makasar-paling-enak.html
http://www.inotesweb.com/
http://www.inotesweb.com/
http://www.inotesweb.com/2016/08/kuliner-makasar-paling-enak.html
true
5053469692625274836
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete oleh Home PAGES POSTS View All Rekomendasi buat Kamu LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow KONTEN SANGAT BERGUNA Bagikan Konten ini, Baru Anda bisa Lihat Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy