Auto Height Logo

Sistem Skor pada Tinju

Pernah menonton pertandingan terakhir Manny ‘Pacman’ Pacquiao yang kontroversial? Pertandingan melawan Floyd Mayweather tersebut dimenan...

Pernah menonton pertandingan terakhir Manny ‘Pacman’ Pacquiao yang kontroversial? Pertandingan melawan Floyd Mayweather tersebut dimenangkan oleh Mayweather, padahal secara awam terlihat Pacman lebih banyak memukul Mayweather. Banyak pihak yang sangsi akan penilaian juri. Agar tahu lebih dalam mengenai bagaimana sistem poin pada peratndingan tinju ini berikut inLine berikan informasinya.

Sistem skor pada Tinju Profesional

Pada sistem skor tinju profesional masing amsing judge (juri) memiliki indenpendensi atau kewenangan mutlak dalam menentukan petinju yang menang dalam setiap ronde. Bagi yang menang akan diberikan poin 10 dan lawan akan diberi poin 9. Apabila judge merasa pertandinga seri dalam ronde tersebut maka mereka mendapat poin sama sama 10.

Dalam kasus knock down (dipukul hingga jatuh) maka petinju yang terjauh akan dikurangi nilainya satu poin. Misalkan A memukul jatuh B pada ronde ke dua. Maka skor maksimun B hanya 9 pada ronde tersebut. Apabila jatuh dua kali maka nilai maksimun dikurangi dua. Yang pasti dalam satu ronde satu petinju mendapat nilai 10 (ten point must system). Dalam kondisi lain tanpa jatuh bisa saja juri meutuskan memberi poin 10-7 pada satu ronde karena dirasa mungkin salah satu petinju selalu dihadiahi pukulan telak beruntun. Semua keputusan tersebut mutlak hak judge.

Pada pertandingan tinju juga terlihat seorang wasit. (referee. Fungsi wasit adalah untuk mengatur pertandingan.Hak dari wasit ini adalah bisa saja menyatakan bahwa satu petinju melakukan pukulan terlarang dan menyatakan sebuah pelanggaran.Wasit juga memilikihak untuk menghentikn pertandingan ketika salah satu petinju jatuh dan tak bisa bankit lagi dalam hiungan 10.

Mengenai pemotongan poin karena pelanggaran, kiat ambil ilustrasi di atas. Petinju A memukul jatuh dua kali petinju B. Skor seharusnya 10-8. Tapi karena A melakukan pelanggaran mka keharsan 10 poin (ten point must system batal). Nilai A pada ronde tersebut maksimun 9, sehingga skor pada ronde tersebut menjadi 9-8.

Pada kondisi dimana jika pada semua ronde pertandingan tidak ada yang knock out alias ke-dua petinju sanggup bertahan hingga akhir keseluruhan ronde, maka penentuan pemenang akan ditentukan oleh para juri. Istilah istilah dalam menentukan kemenangan pada kejadian seperti ini yang perlu diketahui sebagai berikut.
  1. Unanimous decision ketiga juri memutuskan dia pemenang dalam total poin
  2. Majority Decision 2 juri menyatakan win dan 1 lagi menyatakan draw;
  3. Split decision 2 juri menyatakan win dan 1 juri menyatakan lose; 
  4. Seri/Draw 1 juri menyatakan win, 1 juri menyatakan lose, dan 1 menyatakan draw;
  5. Juga seri 2 juri ,menyatakan draw. 

Sistem Skor pada Tinju Amatir

Pada tinju amatir penilaian dirasa lebih mudah. Siapa yang banyak memukul dialah pemenang. Namun defenisi pukulan disini adalah ketika adanya sentuhan knuckle (buku jari) sarung tinju. Daerah yang oleh dipukul meliputi kepala dan dada. Satu pukulan akan diberikan 1 poin.

Pada tahun 1992 di even kejuaraan olimpiade sistem penilaian lebih berkembang maju. Masing masin dari juri akan memegang tombol merah (untuk petinju sudut merah), biru (petinju sudut biru). Keypad tersebut terhubung ke komputer, ketika salah satu petinju mendaratkan satu pukulan maka juri akan memencet tombol tersebut.

Pada tahun 2011, badan tinju amatir Internasional ,AIBA (International Amateur Boxing Association) memperkenalkan sistem skor baru. Sistem ini lebih sederhana, juri akan memberikan skor pada akhir setiap ronde. Jadi juri tidak menghitung setiap pukulan masuk lagi. Sistem skor terbaru digunakan sejak tanggal 13 Maret 2013. Sistem skor yang digunakan tinju amatir mengadaptasi sistem skor tinju profesional, yaitu Ten Poin Most System. Jadi sekarang-pun tinju amatir telah mengunakan sistem penilaian yang sama dengan tinju profesional. Jangan lupa Baca: Kelas Kelas dalam Tinju.

Komentar Kamu

   

Loading...

Nama

android,2,asuransi,2,balikpapan,1,Bandung,36,Bank,15,biografi,29,bisnis,15,bisnis.,1,DAMRI,26,Deposito,2,edukasi,80,Fashion,15,Financial,59,game,3,harga emas antam,14,Hiburan,96,investasi,4,Jakarta,46,Karir,26,Kenapa oh Kenapa,20,Kredit,3,Kuliner,58,Lampung,8,Lifestyle,102,Love,33,Lowongan Kerja,15,not lagu,68,opini,1,properti,4,Resep,24,Sehat,101,Singapore,3,smartphone,4,sport,20,Table Manner,8,Teknologi,42,visa jerman,3,visa korea,2,visa perancis,4,visa us,5,Wisata,141,
ltr
item
inLine: Sistem Skor pada Tinju
Sistem Skor pada Tinju
https://2.bp.blogspot.com/-LctzKEUwwMc/V7SKud4RCMI/AAAAAAAABnU/18QbvdHLhxkVGJTGwh3a0Y4xgYb2NOLKACLcB/s320/poin%2Bdalam%2Btinju.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-LctzKEUwwMc/V7SKud4RCMI/AAAAAAAABnU/18QbvdHLhxkVGJTGwh3a0Y4xgYb2NOLKACLcB/s72-c/poin%2Bdalam%2Btinju.jpg
inLine
http://www.inotesweb.com/2016/08/cara-menghitung-poin-tinju.html
http://www.inotesweb.com/
http://www.inotesweb.com/
http://www.inotesweb.com/2016/08/cara-menghitung-poin-tinju.html
true
5053469692625274836
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete oleh Home PAGES POSTS View All Rekomendasi buat Kamu LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow KONTEN SANGAT BERGUNA Bagikan Konten ini, Baru Anda bisa Lihat Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy