Auto Height Logo

Cara Mencegah dan Mengatasi Tersedak

Tersedak disebabkan karena masuk sebuah benda asing bisa berupa makanan atau minuman ke rongga tenggorokan. Ini bisa saja terjadi pada sia...


Tersedak disebabkan karena masuk sebuah benda asing bisa berupa makanan atau minuman ke rongga tenggorokan. Ini bisa saja terjadi pada siapa pun. Meskipun secara umum sering terjadi pada balita, namun tak menutup kemungkinan terjadi pada orang dewasa. Tersedak ini adalah hal yang pantas di waspadai. Bahkan dalam keadaan tersebut jika tidak ditangani dengan benar bisa menyebabkan kematian. Bukan berlebihan tetapi harus diketahui ketika tersedak akan menganggu jalan pernafasan. Inilah yang menjadi penyebab kematian.

Untuk mencegah terjadinya tersedak tersebut, inLIne memiliki beberapa tips untuk mencegah terjadinya tersedak. Selain itu nanti akan ada cara menangani atau pertolongan pertama untuk orang tersedak. Berikut ulasan tim inLine.

Cara Mencegah Tersedak

Hal yang harus dihindari untuk tidak tersedak adalah tidak berbicara ketika makan. Resiko tersedak lebih tinggi jika berbicara ketika makan, ini disebabkan pengaturan katup rongga makan dan rongga pernfasan akan terganggu ketika berbicara, sementara rongga jalannya makanan juga bekerja. Selain itu ingat bahwasanya berbicara ketika makan itu tidak sesuai dengan etika kesopanan.

Bagi orang dewasa ataupun anak anak. Hindari makan dalam keadaan berbaring. Makanlah pada posisi duduk. Bahkan jika dalam keadaan sakit, tetap usahan makan dengan posisi duduk bersandar.

Ketika makan, disarankan mengunyah makanan hingga halus. Menelan makanan yan kasar akn berpotensi susah ditelan dan membuat tersedak. Juga sangat dianjurkan untuk makan tidak buru buru. Apalagi dalam keadaan ngos ngos an.

Untuk Balita, hindari pemberian makanan dan minuman ketika anak dalam keadaan menangis ataupun tertawa. Jadi ketika balita makan, jangan coba coba membuat dia tertawa. Percayalah ini akan berakibat fatal.

Setelah menyuapi atau menyusui balita, jangan posisikan balita pada keadaan berbaring total. Ini bertujuan agar udara dari lambung yang didesak makanan bisa keluar secara sempurna. Tempatkan balita pada keadaan setengah duduk atau duduk sekitar 15 menit agar terhindar dari resiko tersedak.

Pada balita juga disarankan agar diberi makan tidak terlalu kenyang. Ini dimaksudkan agar resiko muntah ( muntah bisa menjadi penyebab tersedak bagi balita).

Pertolongan Pertama ketika Tersedak

Apabila mendapati orang tersedak hal pertama yang harus dilakukan tentu saja jangan panik. Kemudian tanyakan apakah dia baik bak saja. Jika dia bisa merespon pertanyaan, cukup tetap disisinya hingga keadaan lebih membaik.

Namun bila yang ditanya tidak bisa merespon. hal terlarang yang paling sering dilakukan adalah memberinya minum. Ketika memberi minum hal ini lebih beresiko membuat saluran udara pernafasannya makin tertutup.

Bila keadaan makin parah, berdirilah dibelakang orang tersebut. Kepalkan satu tangan dan tangan, lingkarkan pada perut korban. Tangan lainnya memegang kepalan tangan tadi, sehingga seperti memeluk dari belakang. Gerakkan tangan ke atas dengan menekan pada bagian perut agar penyebab tersedak tersebut bisa keluar.

Opsi pertolongan lain adalah dengan menepuk punggung sehingga korban akan terbatuk dan mengeluarkan benda penyebab tersedaknya. Bila keadaan makin tak terkendali, segera larikan korban ke rumah sakit terdekat.

Komentar Kamu

   

Loading...

Nama

android,1,asuransi,2,balikpapan,1,Bandung,35,Bank,15,biografi,29,bisnis,17,bus,10,cpns,2,DAMRI,25,Deposito,2,edukasi,81,Fashion,15,Financial,59,game,1,harga emas antam,14,Hiburan,97,investasi,4,Jakarta,45,Karir,28,Kenapa oh Kenapa,20,Kredit,3,Kuliner,58,Lampung,4,Lifestyle,108,Love,28,Lowongan Kerja,9,not lagu,70,opini,1,properti,5,Resep,24,Sehat,102,Singapore,3,smartphone,4,sport,20,Table Manner,8,Teknologi,41,visa jerman,3,visa korea,2,visa perancis,4,visa us,5,Wisata,141,
ltr
item
inLine: Cara Mencegah dan Mengatasi Tersedak
Cara Mencegah dan Mengatasi Tersedak
https://4.bp.blogspot.com/-CYXnAU39KrQ/V7c7q5a00FI/AAAAAAAABqs/XeymJQtOA44EA4ykUaWA6jlXcXHjftsigCLcB/s320/tempat%2Bmakan%2Bmurah.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-CYXnAU39KrQ/V7c7q5a00FI/AAAAAAAABqs/XeymJQtOA44EA4ykUaWA6jlXcXHjftsigCLcB/s72-c/tempat%2Bmakan%2Bmurah.jpg
inLine
http://www.inotesweb.com/2016/08/cara-mencegah-dan-mengatasi-tersedak.html
http://www.inotesweb.com/
http://www.inotesweb.com/
http://www.inotesweb.com/2016/08/cara-mencegah-dan-mengatasi-tersedak.html
true
5053469692625274836
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete oleh Home PAGES POSTS View All Rekomendasi buat Kamu LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow KONTEN SANGAT BERGUNA Bagikan Konten ini, Baru Anda bisa Lihat Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy